fbpx

Apa Saja Manfaat Pengembangan Karir Bagi Karyawan?

Bagikan artikel ini

pengembangan karir

Dalam sebuah perusahaan, karyawan merupakan aktor penting untuk mencapai keberhasilan perusahaan tersebut. Tidak peduli apa jabatannya namun para karyawan ini berhak mendapatkan balasan yang setimpal. Balasan disini bukan hanya gaji, tunjangan, dan bonus. Melainkan berupa ilmu yang membuat kemampuan mereka berkembang.  Karena perkembangan kemampuan juga akan membawa mereka pada perkembangan karir yang baik.

Maka dari itu sudah menjadi tugas bagi perusahaan untuk menyiapkan program pengembangan karir. Program pengembangan karir bisa berupa apa saja mulai dari soft skill hingga hard skill.  Semua bentuk program pengembangan karir tersebut pasti memiliki tujuan yang disesuaikan dengan kondisi dan keadaan karyawan di perusahaan.

Baca juga: Ini Dia Motivasi Kerja Untuk Kamu yang Sedang Lelah!

Bila perlu perusahaan memberikan wadah bagi para karyawan untuk menyalurkan passion mereka.  Karena begitu pentingnya program ini, ada baiknya Anda mengetahui manfaat-manfaat yang akan mereka dapat secara keseluruhan. Berikut beberapa manfaat dari pengembangan karir bagi karyawan.

Baca Selengkapnya :   Gaji terlambat dibayar? Ini dampaknya bagi karyawan!

Karyawan Lebih Memahami Passion

Dengan adanya berbagai macam program pengembangan karir, secara tidak langsung karyawan akan menjadi lebih mengenal dirinya sendiri. Mereka akan menemukan jati diri yang bisa saja selama ini belum ditemukan. Bahkan passion mereka juga akan bangkit dari kegiatan pengembangan karir tersebut.

Baca juga: Jenis-Jenis Kepesertaan BPJS

Dengan memahami passion, seorang karyawan juga dapat bekerja lebih produktif, kreatif, dan inovatif karena mengerjakan sesuatu yang ia suka. Tak hanya itu, bekerja dengan dorongan passion akan menghasilkan sesuatu yang lebih berkualitas dan lebih produktif lagi daripada yang dikerjakan karena paksaan.

Peningkatan Kesejahteraan

Pemberian program pengembangan karir adalah salah satu bentuk jaminan peningkatan kesejahteraan bagi karyawan. Tentunya dengan meningkatnya kesejahteraan hidup akan membuat karyawan lebih baik lagi dalam bekerja. Sehingga, dengan pengembangan karir yang dilakukan oleh perusahaan, tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan tetapi karyawan akan mendapat keuntungan juga atas kerja keras mereka selama ini.

Baca juga: Hak Dan Kewajiban Karyawan Dalam Perusahaan

Baca Selengkapnya :   Ingin Sukses Wawancara Kerja? Fresh Graduate, Ikuti 5 Tips Wawancara Kerja Ini!

Perusahaan yang telah menyusun program pengembangan karir bagi para karyawannya akan mendapatkan karyawan-karyawan yang lebih loyal. Bagi karyawan, lebih mudah untuk meningkatkan kesejahteraan melalui ini daripada harus mencari kesempatan kerja di lain perusahaan.

Relasi Semakin Berkembang

Karyawan yang melakukan pengembangan karir tentu akan bertemu dengan banyak pihak dari perusahaan lain. Baik dengan level yang sama, lebih rendah, atau bahkan lebih tinggi. Mereka bisa saling bertukar pikiran atau saling berdiskusi dalam pengembangan bisnis.

Baca juga: Manfaat KPI Untuk Karyawan Dan Perusahaan

Saat karyawan akan berinteraksi secara lebih luas dengan relasi dari perusahaan lain, sangat berpotensi mendapat ide-ide segar dari luar perusahaan. Ide tersebut juga akan menguntungkan perusahaan Anda jika dapat diterapkan dengan baik untuk keperluan mengembangkan perusahaan.

Partisipasi Karyawan Meningkat

Segala tujuan perusahaan yang hebat tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari karyawannya. Karyawan yang berkualitas akan ikut serta di hampir semua pekerjaan di perusahaan. Maka secara tidak langsung partisipasi karyawan tersebut juga akan meningkat. Dampak selanjutnya adalah para karyawan akan merasa ikut memiliki perusahaan dan nantinya loyalitas mereka pun akan meningkat. Jadi karyawan tidak akan berpikir untuk pindah ke perusahaan lain karena mereka paham perusahaan membutuhkan kemampuan mereka.

Baca Selengkapnya :   4 Jenis Tes Psikologi Dalam Seleksi Kerja

Peningkatan Motivasi Bekerja

Dengan adanya program pengembangan karir, karyawan akan memiliki tingkat rasa percaya diri yang lebih baik karena  mendapatkan kesempatan tumbuh dan berkembang.Hal ini adalah salah satu cara meningkatkan motivasi diri dalam bekerja.  Karyawan dengan motivasi kerja yang tinggi akan menghasilkan prestasi yang tinggi juga. Di mana nantinya prestasi tersebut juga akan bermanfaat bagi mereka dan perusahaan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!