fbpx

Hak Dan Kewajiban Warga Negara Dalam Hal Pekerjaan

Bagikan artikel ini

Hak dan kewajiban warga negara dalam hal pekerjaan

Di Indonesia, hak dan kewajiban warga negara tertuang dan UUD 1945. Ada beberapa hak warga negara yang tertulis dalam undang-undang, seperti pekerjaan, penghidupan yang layak, membentuk keluarga, kelangsungan hidup, pengembangan diri, dan lain-lain. Sedangkan kewajiban warga negara dapat berupa kewajiban menaati hukum, ikut bela negara, serta menghormati HAM. Sebagai warga negara yang baik tentunya harus dapat melaksanakan kewajiban tersebut dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di bidang pekerjaan, hak warga negara tertulis dalam pasal 27 ayat 2. Pada pasal tersebut tertulis, “Tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.” Pemerintah melalui peraturan dan perundang-undangan lainnya mencoba untuk mewujudkan isi dari pasal tersebut. Ini dapat berupa aturan soal gaji minimum dan hak-hak pekerja yang harus dipenuhi oleh tempatnya bekerja. sumber

Hak dan kewajiban warga negara sendiri semuanya sudah tertuang dalam UUD 1945. Salah satu kewajiban warga negara sendiri tertuang dalam pasal 27 ayat 1. Pasal tersebut berbunyi, “Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu tidak ada kecualinya.” Pasal tersebut menjabarkan tentang warga negara yang wajib menaati hukum dan pemerintahan.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia 6 Efek Psikologis yang Kuat

Pemerintah sebagai pelaksana UUD 1945 sendiri berkewajiban untuk menjalankan semua yang tercantum dalam undang-undang. Kebijakan-kebijakan yang diambil harus sejalan dengan yang tertuang dalam UUD 1945. Misalnya soal hak warga negara atas pekerjaan dan penghidupan yang layak, beberapa program pemerintah untuk mewujudkannya misalnya:

  1. Mendorong Terciptanya Lapangan Kerja

Pemerintah berupaya untuk memberikan kemudahan dalam membuka usaha. Selain itu, kemudahan investasi dari dalam maupun luar negeri juga dapat membantu agar lapangan kerja bisa terbuka lebih banyak.

  • Mengatur Upah Minimum

Adanya aturan soal upah minimum diharapkan bisa membantu pekerja mendapatkan upah yang layak. Hal ini juga bisa mendorong pemenuhan hak warga negaradalam hal pekerjaan.

  • Memberikan Bantuan Pada Pekerja

Para pekerja dengan upah yang minim bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah. Ini juga dapat membantu terpenuhinya penghidupan yang layak.

  • Adanya Asuransi Untuk Pekerja

Asuransi kesehatan dan keselamatan kerja juga perlu diupayakan untuk hak para pekerja. Adanya asuransi bisa memberikan jaminan dari risiko yang dihadapi oleh pekerja.

Baca Selengkapnya :   Hard Skill vs Soft Skill: Mana yang Lebih Penting?

Hak dan kewajiban warga negara sendiri memang dapat dibahas secara luas, contohnya dalam bidang pekerjaan. Warga negara wajib untuk menaati hukum yang berlaku dan itu dapat berupa hukum dalam bidang pekerjaan. Warga negara bisa mencari pekerjaan dalam bidang apa saja asalkan itu tidak melanggar hukum yang berlaku.

Selain memiliki hak dan kewajiban warga negara, pekerja juga memiliki hak dan kewajiban sebagai pekerja dalam lingkup perusahaan. Setiap perusahaan bisa memiliki aturan sendiri soal hak dan kewajiban para karyawannya, yang tentunya tidak bertentangan dengan Undang-Undang.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!