fbpx

4 Jenis Tes Psikologi Dalam Seleksi Kerja

Bagikan artikel ini

Tes Psikologi

Dalam melakukan seleksi penerimaan kerja sebuah perusahaan sering menggunakan tes psikologi saat merekrut karyawan. Tes psikologi ini sangat berguna untuk mengetahui karakter, kekuatan positif, dan dapat mengetahui posisi apa yang cocok untuk seorang calon karyawan.

Tes psikologi ini berasal dari kata psyche yang artinya mental dan logia artinya pelajaran mengenai atau riset. Dapat dikatakan tes psikologi adalah sebuah ujian terhadap mental seseorang yang dapat mengetahui apa yang ada dalam diri seseorang. Tes ini dapat ditunjang dengan beberapa alat yang berguna untuk menunjukkan sisi intelegensia, karakter, kepribadian, dan sikap seseorang. Dengan melakukan tes psikologi perusahaan akan mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Jenis-Jenis Tes Psikologi dalam seleksi kerja

Tes Grafis

Tes grafis merupakan alat tes psikologi sederhana dapat mengungkapkan keadaan dalam diri seorang calon karyawan. Hal tersebut karena tes ini hanya membutuhkan kertas kosong dan calon karyawan akan disuruh menggambar dengan tangannya sendiri.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia Bahaya Akibat Salah Hitung Absensi!!!

Pada dasarnya tes grafis seperti menggambar tetapi tidak keluar dari intruksi yang diberikan. Contohnya saja, menggambar orang (draw a person/DAP), menggambar pohon (tree test), atau tes grafologi (mempelajari tanda tangan). Hasil dari tes grafis ini akan dapat menggambarkan intelegensia, gambar atau citra diri orang yang dites.

Tes Wartegg

Tes Wartegg merupakan sebuah tes psikologi yang pertama kali dibuat oleh Krugger dan Sander dari University of Leipzig. Lalu kemudian selanjutnya dikembangkan oleh Ehrig Wartegg dan Marian Kinget.

Tes wartegg terdiri dari selembar kertas dengan 8 buah kotak yang terdapat beberapa macam tanda-tanda kecil. Pada setiap kotak telah memiliki stimulus gambar awal yang berbeda pada masing-masing kotaknya. Tugas peserta adalah melanjutkan tanda atau pola yang diberikan tersebut menjadi sebuah bentuk atau gambar. Dengan tujuan untuk melihat dan meneliti calon karyawan dari segi emosi, imajinasi, dinamika kepribadian dari individu.

DISC

DISC atau Dominance, Influence, Steadiness and Compliance merupakan alat test yang terdiri dari 24 nomor, dengan masing – masing nomor memiliki 4 pilihan jawaban. Peserta akan diinstruksikan untuk memilih 2 kecenderungan, yaitu yang paling mendekati dirinya (Most) dan yang paling tidak mendekati dirinya (Least).

Baca Selengkapnya :   Kompensasi Waktu Sebagai Waktu Pengganti

Tes DISC tergolong mudah untuk dilakukan, karena hasilnya segera bisa didapat. Itu karena sekarang tes ini sudah banyak dilakukan secara online. Selain untuk mengetahui karakter calon karyawan, tes DISC juga dapat mengupas bagaimana cara calon karyawan berkomunikasi dengan orang lain, kepribadian yang ada dalam dirinya, dan tingkat stres saat menghadapi tekanan.

Tes Papikostik

Tes psikologi Papikostik merupakan tes kepribadian yang juga umum digunakan dalam dunia kerja. Tes kepribadian ini mampu mengungkapkan trait atau kepribadian seseorang. Nantinya calon karyawan hanya akan mengisi jawaban dari pertanyaan yang diajukan pada selembar kertas dan jawabannya harus sesuai apa yang dirasakan atau dipikirkan. Kemudian dengan ini tim HR dapat melihat sifat atau kepribadian calon karyawan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!