fbpx

Ini Dia Tahap dan Manfaat Performance Management!

Bagikan artikel ini

Performance Management

Performance Management atau Manajemen Performa adalah salah satu istilah yang sering dijumpai HRD dan Manager. Performance Management menjadi salah satu alat yang berguna untuk mengelola performa karyawan. Sebenarnya, apa itu Performance Management dan apa saja tahapnya?

Performance Management  adalah proses sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Strategi ini penting karena sebuah perusahaan pasti memiliki target bisnis tertentu yang ingin dicapai, dan hal tersebut hanya bisa dicapai melalui kinerja kolektif karyawan. Dengan menjaga serta meningkatkan performa karyawan, secara tidak langsung perusahaan turut meningkatkan performa perusahaan secara keseluruhan. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja

Apa Saja Tahapannya?

Manajemen performa yang baik harus disusun secara sistematis. Terdapat 4 komponen penting dalam Strategi Manajemen Performa, yaitu:

  1. Perencanaan

Pada tahap perencanaan, manager atau HRD bersama dengan tim merencanakan apa saja performa yang ingin dievaluasi, menetapkan target, menyusun sistem, serta menetapkan ekspektasi.

  1. Pengawasan
Baca Selengkapnya :   Ini Dia 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online di Tahun 2024

Pada tahap pengawasan, manager atau HRD mengawasi performa karyawan secara detail untuk mengidentifikasi potensi yang dapat dikembangkan atau kekurangan yang dapat diperbaiki. 

  1. Pengembangan

Pada tahap pengembangan, manager atau HRD mulai melakukan pengembangan kapasitas performa karyawan. Pengembangan dapat dilakukan dengan pelatihan, bimbingan, kelas tambahan, dan hal lain yang dapat meningkatkan kemampuan karyawan. 

  1. Penilaian atau Evaluasi

Pada tahap penilaian atau evaluasi, kapabilitas karyawan setelah melalui proses pengembangan akan dinilai, apakah mengalami peningkatan atau tidak. Tahap ini juga menilai efektivitas performa manajemen yang dilakukan. 

  1. Reward atau Hadiah

Perusahaan dapat memberikan hadiah sebagai apresiasi untuk karyawan yang sudah berhasil meningkatkan kapabilitas dan performa. Apresiasi dapat diberikan dalam berbagai bentuk, seperti bonus, peningkatan jatah hari cuti, promosi, surat rekomendasi atau review, pengakuan perusahaan, dan lain-lain.

Baca juga: Peran MSDM dalam Perusahaan

Manfaat Performance Management

Selain membantu meningkatkan kinerja perusahaan, strategi manajemen performa juga bermanfaat dan bertujuan untuk:

  • Mengidentifikasi kebutuhan. 

Dengan manajemen performa, perusahaan dapat mengidentifikasi kapabilitas atau kemampuan yang dibutuhkan karyawan namun belum dimiliki. 

  • Mengidentifikasi gap atau jarak.
Baca Selengkapnya :   Manajemen Bisnis : Pengertian Serta Fungsinya

Perusahaan dapat mengidentifikasi kekosongan kapabilitas pada karyawan yang bisa dikembangkan lebih lanjut dengan manajemen performa.

  • Meningkatkan performa dan moral karyawan. 

Karyawan yang sudah melalui proses manajemen performa tentu mendapatkan peningkatan kapabilitas dan performa sebagai individu. Hal ini turut berdampak pada moralitas dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan, karena karyawan merasa lebih dihargai dan diperhatikan.

  • Mengidentifikasi karyawan yang bertalenta.

Strategi manajemen performa juga dapat membantu perusahaan mengenali karyawan yang berpotensi. Hal ini memudahkan perusahaan untuk mencurahkan fokus dan investasi berlebih kepada karyawan tersebut.

  • Meningkatkan strategi perencanaan tenaga kerja, seperti delegasi tugas dan beban kerja

Selain berguna dalam meningkatkan performa individu, manajemen performa juga membantu atasan mengatur dinamika tim dengan lebih baik. 

  • Menurunkan tingkat pergantian karyawan

Performance management menjadi strategi solusi dalam mengatasi kebutuhan perusahaan yang lebih efisien alih-alih merekrut karyawan baru. Peningkatan moral dan loyalitas karyawan karena manajemen performa juga dapat mengurangi tingkat pergantian karyawan.

  • Memberikan otonomi lebih bagi karyawan untuk mengatur tanggung jawab.
Baca Selengkapnya :   Pentingnya Prosedur Reimbursement Bagi Perusahaan

Melalui performance management, karyawan sepenuhnya bertanggung jawab terhadap performa diri sendiri. Maka, muncul ikatan akuntabilitas yang lebih kuat antara karyawan dengan tanggung jawabnya.

Baca juga: Benefit Karyawan: Pengertian, Manfaat, serta Jenisnya

Berikut merupakan penjelasan mengenai tahapan serta manfaat performance management. HRD maupun Manager dapat memanfaatkan strategi ini demi meningkatkan produktivitas perusahaan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!