fbpx

8 faktor membuat iklan lowongan pekerjaan yang baik dan menarik

Bagikan artikel ini

Iklan Lowongan Pekerjaan

Iklan lowongan pekerjaan bagi sebuah perusahaan sangatlah penting, terutama bagi perusahaan yang sudah berkembang. Meningkatnya permintaan tenaga kerja pada perusahaan adalah faktor yang positif, hal itu menandakan majunya perusahaan tersebut sehingga HRD akan selalu disibukkan dengan proses recruitment yang melelahkan setiap harinya.

Salah satu metode recruitment yang masih banyak digunakan oleh perusahaan adalah membuat iklan. Metode ini masih dianggap efektif selain dengan metode – metode lainnya.

Namun ternyata untuk membuat iklan lowongan pekerjaan yang baik dan menarik tidaklah mudah. Jika iklan yang Anda buat tidak benar akan membuat kerugian sendiri, seperti jumlah kandidat yang melamar sedikit atau bahkan tidak ada yang melamar dan kemungkinan kandidat yang melamar tidak sesuai dengan kriteria.

Oleh karena itu, agar mengurangi resiko kesalahan dalam membuat iklan lowongan pekerjaan yang salah,  Berikut ini 8 faktor utama yang harus ada dalam iklan lowongan pekerjaan.

1. Judul iklan lowongan pekerjaan jangan terlalu panjang

Cukup dengan 5 kata, tidak ada gunanya membuat judul yang terlalu panjang. Itu akan membuat kandidat karyawan tidak menghiraukan iklan Anda, cukup isi nama posisi yang Anda atau perusahaan butuhkan. Pastikan judul iklan lowongan pekerjaan jelas dan padat. Karena judul yang singkat dan padat akan menarik lebih banyak kandidat karyawan.

Baca Selengkapnya :   Hindari Kesalahan Menggunakan Software HRD Ini!

2. Logo dan deskripsi perusahaan

Anda perlu memahami bahwa logo dan deskripsi perusahaan merupakan salah satu faktor yang membuat sebuah lowongan kerja menjadi menarik untuk dilihat, sebab setiap kandidat tentunya ingin mengetahui apa bidang industrinya, telah berapa lama berdiri perusahaan tersebut, dan apa saja prestasi yang telah diraih perusahaan tersebut dan lain sebagainya.

Informasi tentang perusahaan tersebut sangat dibutuhkan untuk para pencari kerja, agar mereka dapat yakin bahwa perusahaan tersebut telah ‘’mature’’ atau belum sehingga mereka merasa terjamin jika berhasil bekerja di sana.

Deskripsi perusahaan tersebut tentunya juga mencerminkan apakah sebuah perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang baik atau perusahaan yang suka menipu pelamar kerja yang datang, sebab banyak perusahaan yang menipu yang tidak menampilkan logo dan deskripsi perusahaan mereka untuk mengelabui para pelamar kerjanya.

3. Job Description

Ada begitu banyak perusahaan yang membuka dan membuat Iklan Lowongan Pekerjaan, tetapi tidak mencantumkan job description yang akan dilakukan oleh setiap pelamar dan hal ini tentu saja akan membuat para pelamar menjadi ragu untuk melamar lowongan  kerja yang Anda pasang, meskipun mungkin kriteria yang dibutuhkan memenuhi kualifikasi mereka sebagai orang yang akan dapat diterima di perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Apa Itu Payroll ? Dan Apa Saja Manfaatnya ?

Informasi tersebut harus dan wajib dicantumkan dalam setiap iklan lowongan pekerjaan  yang Anda pasang, ini bertujuan agar dapat memperjelas pada mereka seperti apa pekerjaan yang akan dilakukan oleh mereka nanti setelah bekerja, dari informasi inilah para pelamar akan menentukan apakah mereka mampu untuk mengerjakan pekerjaan tersebut atau tidak.

Job description berbeda dengan job spesification Ini juga bermanfaat untuk meminimalisasikan jumlah kandidat yang tidak mampu sehingga secara otomatis akan mengurangi jumlah kandidat yang tidak sesuai kriteria, sekaligus mengurangi pekerjaan Anda dalam proses filtrasi terhadap pelamar yang hanya membuat waktu saja.

4. Kriteria

Ada begitu banyak perusahaan yang kesulitan memperoleh pelamar, salah satu penyebabnya yaitu karena tingginya kriteria yang dipasang. Dan beberapa kriteria tersebut tidaklah sesuai dengan keadaan di lapangan, sehingga tidak ada orang yang mau melamar pekerjaan, maka dari itu, sesuaikanlah posisi yang dibutuhkan perusahaan dengan kriteria yang sesuai dengan keadaan di lapangan tempat bekerja.

Informasi yang satu ini sangat penting untuk para pelamar dalam mengambil keputusan untuk melamar atau tidak sebuah Iklan Lowongan Pekerjaan, maka dari itu kriteria sebuah lowongan kerja harus benar–benar Anda pikirkan sebelum memasang iklan lowongan pekerjaan tersebut.

5. Lokasi Kerja

Anda jangan pernah lupa untuk selalu mencantumkan lokasi penempatan kerja pada Iklan Lowongan Pekerjaan Anda. Hal ini bertujuan supaya pelamar tahu lokasi saat mereka bekerja nanti sehingga mereka dapat menghitung biaya dan waktu yang harus mereka capai ke lokasi tersebut setiap harinya jika mereka berhasil diterima.

Baca Selengkapnya :   Semangat Sumpah Pemuda, Semangat SmartPresence Berkarya

6. Cantumkan kisaran gaji

Agar Iklan Lowongan Pekerjaan semakin menarik, Anda disarankan untuk  mencantumkan kisaran gaji untuk setiap posisi yang memang dibutuhkan. Dalam hal ini, Anda dapat memberikan kisaran gaji yang cukup menarik, tetapi masih masuk akal untuk mereka, tujuannya yaitu untuk menghindari persepsi bahwa perusahaan Anda merupakan perusahaan penipuan.

7. Fasilitas kantor

Apabila memang perusahaan Anda memberi fasilitas kantor tambahan seperti halnya antar jemput, tunjangan, asuransi, kendaraan operasional dan lain sebagainya. Maka beberapa  fasilitas ini wajib Anda cantumkan pada Iklan Lowongan Pekerjaan yang Anda pasang, hal ini bertujuan untuk menambah daya tarik bagi pelamar untuk melamar ke perusahaan Anda.

8. Cantumkan alamat kantor, email dan nomor telepon

Beberapa informasi penting seperti halnya alamat kantor, sosial media, email, atau nomor telepon ialah informasi yang wajib untuk Anda cantumkan. Informasi tersebut berfungsi sebagai sarana untuk menghubungi Anda ataupun mengirimkan surat lamaran pada perusahaan atau juga untuk menginformasikan apakah lowongan tersebut masih terbuka ataupun sudah ditutup.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!