Produktivitas kerja adalah salah satu hal yang sangat penting bagi seorang karyawan di dalam dunia kerja. Karena, hal tersebut bisa membantu Anda dalam mencapai sebuah target dengan waktu yang lebih terukur.
Namun, di kala hati dan pikiran sedang tidak produktif maka akan berpengaruh juga ke performa Anda saat bekerja.
Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja
Jika Anda adalah salah satu orang yang pernah mengalami hal tersebut, maka harus mencoba beberapa tips berikut ini agar bisa tetap produktif selama bekerja.
1. Membuat Rencana Kerja
Merencanakan sebuah pekerjaan akan menjadi suatu hal yang sangat positif bagi seluruh karyawan, karena dengan rencana kerja maka semua pekerjaan akan lebih teratur sesuai dengan skala prioritas yang sudah dibuat sebelumnya,
Rencana kerja atau to do list akan lebih baik jika dibuat pada sore hari sebelum pulang kerja, jadi keesokan harinya ketika Anda ingin memulai pekerjaan akan jauh lebih mudah.
2. Hindari Hal-Hal yang Mengganggu
Sebagai seorang karyawan yang bekerja di kantor yang sedang mengerjakan suatu pekerjaan pasti ada saja gangguan yang datang. Gangguan tersebut bisa disebabkan oleh faktor eksternal maupun internal.
Gangguan dari faktor eksternal misalnya adalah suasana kerja atau kantor yang berisik dan membuat bekerja Anda menjadi tidak optimal. Gangguan dari faktor internal misalnya keinginan untuk melakukan suatu pekerjaan yang di luar tanggung jawab Anda.
3. Membuat Working Desk yang Nyaman
Bekerja di tempat yang bersih dan rapi akan membuat seorang karyawan lebih produktif, karena tidak terdistorsi oleh hal-hal yang kurang penting di atas meja kerja Anda. Misalnya kertas atau dokumen yang menumpuk cukup lama akan membuat tidak nyaman dalam bekerja.
Agar Anda dapat bekerja lebih nyaman di meja kerja, maka luangkan waktu kurang lebih 10 menit untuk mengatur dan mempersiapkan semuanya sebelum pekerjaan dilakukan.
4. Mulai dengan Target Kecil
Banyak karyawan yang pada akhirnya tidak produktif dalam bekerja biasanya karena sudah membuat target yang terlalu tinggi, jika akhirnya mereka tidak bisa mencapai target yang sudah ditentukan tadi, kedepannya akan membuat pekerjaannya menjadi kurang produktif.
Untuk menghindari hal-hal tersebut, maka akan lebih baik menetapkan target yang lebih kecil namun dapat diselesaikan dengan waktu yang lebih terukur, dengan begitu maka ekspektasi Anda dalam menyelesaikan pekerjaan akan menjadi lebih baik dan lebih produktif dalam melakukan pekerjaan.
5. Melakukan Evaluasi
Jika semua hal di atas sudah Anda coba namun hasilnya masih belum maksimal, maka Anda harus melakukan evaluasi. Evaluasi ini digunakan untuk mencari sebenarnya faktor dan kebiasaan apalagi yang harus harus diubah agar bisa bekerja lebih produktif.
Dalam masa evaluasi ini Anda bisa mengatur ulang strategi untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dalam meningkatkan produktivitas dalam bekerja.
6. Memanfaatkan Teknologi
Manfaatkan alat bantu teknologi yang ada untuk membantu meningkatkan produktivitas. Ada banyak aplikasi dan perangkat lunak yang dapat membantu Anda mengatur waktu, mengelola tugas, dan mengoptimalkan proses kerja.
Salah satu contoh aplikasi yang dapat membantu HR adalah absensi online seperti Smatpresence, sebuah aplikasi absensi online yang memiliki fitur face recognition. Selain itu, untuk mengelola jadwal dan membuat laporan waktu menjadi lebih mudah dan efektif karena semuanya sudah saling terintegrasi.
Cari tahu alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan manfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan.
Tunggu apalagi? Coba terapkan cara-cara di atas agar Anda bisa memulai habit kerja yang lebih baik dan lebih produktif untuk mencapai target-target yang sudah ditetapkan.