fbpx

5 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Bagikan artikel ini

Smartpresence

Produktivitas kerja mengacu pada kemampuan karyawan untuk bekerja secara efisien demi memberikan hasil yang maksimal. Namun, dalam praktiknya, produktivitas kerja seseorang pasti akan mengalami kenaikan ataupun penurunan, dan ini menjadi hal yang lumrah. Akan tetapi, perusahaan harus berusaha semaksimal mungkin agar produktivitas pekerja mereka terus terjaga dengan menerapkan beberapa strategi. 

Apa saja strategi yang dapat dilakukan agar produktivitas pekerja di perusahaan Anda terus terjaga? Artikel ini telah merangkumnya untuk bisa Anda terapkan. 

Cara Meningkatkan Produktivitas Pekerja 

Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pekerja Anda tetap produktif dalam bekerja: 

Ciptakan sistem komunikasi efektif 

Komunikasi menjadi komponen yang memegang peran penting dalam menjaga produktivitas pekerja sehingga perusahaan perlu menerapkan proses komunikasi yang efektif. Komunikasi terindikasi efektif hanya ketika penerima (pekerja/karyawan) memahami isi pesan yang disampaikan pengirim (pihak perusahaan) dan pesan tersebut diterima sesuai dengan apa yang diinginkan. Untuk itu, sebaiknya ketika berkomunikasi langsung dengan karyawan, pastikan mereka memahami isi pesan yang Anda sampaikan dengan baik. 

Baca Selengkapnya :   6 Kualitas Pemimpin yang Baik, Kira-Kira Apa Saja?

Meningkatkan modal fisik 

Maksud dari modal fisik disini bukan hanya dari sisi kuantitas namun juga kualitas. Misalnya, dengan membeli lebih banyak komputer berkualitas sama, perusahaan penerbit bisa menciptakan lebih banyak artikel. Begitu pula, ketika mutu komputer bertambah, mereka bisa menciptakan output yang sama dengan lebih cepat ataupun menciptakan output yang lebih besar dengan waktu yang sama.

Ciptakan suasana kerja yang sehat dan mendukung

Poin ini menjadi cara permanen yang dipastikan berhasil ketika berbicara tentang produktivitas pekerja. Ini karena ketika suasana kerja di suatu perusahaan mendukung dan sehat, maka akan menyalurkan aura positif terhadap fisik dan mental pekerja. Terapkan sistem komunikasi terbuka antara atasan dan bawahan, sehingga karyawan tidak ragu dalam menyampaikan kritik dan sarannya. 

Atau, perusahaan dapat menerapkan program yang bisa meningkatkan kesenangan pekerjanya seperti melakukan outbond, bonding, olahraga bareng atau kegiatan kantor bermanfaat lainnya. Ini akan berkontribusi pada suasana kerja yang sehat dan positif bagi karyawannya. 

Inovasi teknologi 

Inovasi teknologi memacu pekerja dalam menuntaskan tugas mereka. Dengan perlengkapan yang lebih mutakhir, pekerja bisa menciptakan lebih banyak output daripada yang dapat mereka jalani dengan perlengkapan konvensional.

Baca Selengkapnya :   Pengaruh Gaji terhadap Pangkat dan Golongan PNS

Teknologi yang lebih mutakhir memungkinkan perusahaan untuk mencapai skala ekonomis lebih kilat serta berkontribusi pada bayaran unit yang lebih rendah.

Sediakan pelatihan berkala 

Pelatihan bukan hanya membuka kesempatan bagi karyawan untuk berkembang, tetapi secara tidak langsung meningkatkan produktivitas. Karyawan bisa mendapat keahlian dan wawasan baru sehingga pekerjaan mereka menjadi semakin efisien. Hadirnya pelatihan ini juga bisa menanamkan rasa kepuasan terhadap karyawan karena mereka merasa keberadaannya diapresiasi. 

Pelatihan ini diberikan sesuai dengan kebutuhan karyawan perusahaan, mulai dari pelatihan teknis, soft skills hingga kepemimpinan dan keahlian manajerial secara berkala. 

Jadi, produktivitas kerja menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan agar pekerjaan terselesaikan secara tepat waktu dan terorganisir. Untuk itulah, Anda perlu memahami beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan produktivitas kerja sembari mencari hal apa yang bisa membuat Anda untuk kembali dan terus termotivasi dalam bekerja. Sebab dengan mengetahui hal apa yang sangat mempengaruhi motivasi Anda, otomatis mendorong produktivitas, performa hingga profitabilitas karyawan dan perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Semangat Sumpah Pemuda, Semangat SmartPresence Berkarya

Daftar Isi

Categories

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!