fbpx

Peran Kamera & Foto dalam Rekam Kehadiran

Bagikan artikel ini

rekam kehadiran

Absensi pada dasarnya adalah suatu frasi yang menyatakan ketidakhadiran. Namun di Indonesia frase ini seolah menyatakan orang yang telah melakukan presensi yaitu lawan dari absensi. Memang sedikit lucu dan salah kaprah ini tetap berjalan biasa saja. Terlepas dari hal itu mari kita bahas tentang teknlogi yang mengiringi mesin pencatat kehadiran ini (mesin absensi).

Ini tidak terlepas dari solusi rekam kehadiran yang menggunakan bukan peruntukan sistem kehadiran, misalnya Whatsapp group absen posting foto selfie

Sejarah perkembangan mesin kehadiran ini dimulai dari kartu waktu yang diplong, makanya disebut punch card, atau mungkin kartu yang dipukul, yang di-stamp alias di stempel. Jadi kartu waktu seperti namanya adalah secara semi mekanis di stempel dengan waktu ketika kartu tersebut dimasukkan kedalam mesin pen-stempel.

Setelah lama berjalan biometrik manusia yang terdiri dari pola sidik jari, pola wajah dan pola retina mata manusia digunakan sebagai alat validasi rekam kehadiran. Dimana teknologi ini sebelumnya digunakan sebagai teknologi akses kontrol, yaitu restriksi akses masuk ke suatu tempat.

Baca Selengkapnya :   Waktu Istirahat Karyawan Secara Aktual atau Dengan Jadwal

Yang terakhir ikut masuk sebagai bahan tambahan dari validasi rekam kehadiran adalah foto wajah. Ini tidak terlepas dari solusi rekam kehadiran yang menggunakan bukan peruntukan sistem kehadiran, misalnya Whatsapp group absen posting foto selfie. Dimana validasinya foto dan time stampnya waktu kirim chat foto tersebut. Namun foto menjadi validasi tentu saja karena pengaruh perkembangan teknologi internet seluler. Dan kini foto menjadi standar evaluasi log kehadrian pada sistem kehadiran.

Dengan berkembangnya teknologi mobile dan internet seluler sistem kehadiran kini hadir dalam bentuk apps, yang telah mengakomodasi biometrik manusia seperti wajah, dengan sinkronisasi data secara online, dimana mengambil data, lokasi, waktu dan tentu saja foto wajah.

Semua hal tersebut tentu bisa Anda dapatkan dengan menggunakan sistem absensi SmartPrence. Anda dapat dengan mudah mengetahui data kehadiran karyawan secara real-time dimanapun dan kapan pun. Segera gunakan SmartPresence untuk kemudahan dalam memantau kehadiran karyawan dan Coba Gratis 14 Hari !

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!