fbpx

Pengaruh Gaji terhadap Pangkat dan Golongan PNS

Bagikan artikel ini

PNS

Di indonesia menjadi seorang PNS merupakan sebuah pekerjaan yang sangat membanggakan, selain menjadi pelayan negara, mereka yang merupakan Pegawai Negeri Sipil akan mendapatkan fasilitas dan tujangan yang diberikan oleh negara. Tunjangan yang diberikan seperti tunjangan untuk anak dan istri bagi yang sudah menikah, jaminan pensiun dan lain sebagainya.

Setiap tahun akan ada perektrutan atau bukaan untuk tes calon Pegawai Negeri Sipil yang biasanya disebut dengan CPNS. Ribuan masyarakat akan berlomba-lomba untuk mendaftarkan dirinya sebagai calon CPNS. Besarnya peminat ini karena banyak jaminan dan tunjangan yang diberikan. Mungkin Anda adalah salah satu pemuda bangsa yang menunggu kesempatan itu. Sebelumnya mari kita pelajari dulu mengenai pangkat golongan dari Pegawai Negeri Sipil.

Pangkat adalah kedudukan yang menunjukan tingkat seorang PNS berdasarkan jabatan dalam rangkaian sistem kepegawai sebagai dasar penggajian. Kenaikan pangkat merupakan penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian PNS terhadap Negara. Jenis kenaikan pangkat ada regular dan kenaikan pangkat pilihan. Disamping itu terhadap PNS yang tewas dalam tugas akan diberikan pangkat anumerta.

Baca Selengkapnya :   5 Tips Mengatur Keuangan Agar Tabungan Terus Bertambah!

Ada 4 golongan PNS yaitu golongan I terdiri dari juru muda, golongan II pengatur, golongan III penata hingga golongan IV pembina. hal ini mempengaruhi besaran gaji yang akan diterima serta tugas dan pekerjaan tiap golongan PNS. Golongan pangkat PNS yang paling rendah adalah golongan I dan golongan yang teringgi adalah golongan IV.

Gaji PNS setiap golongan dan pangkat akan berbeda begitu juga dengan tugas dan pekerjaan yang akan dilaksanakan. sesuai dengan golongan dan ruang yang mereka miliki, seperti misalnya golongan I ruang a akan mendapatkan besaran gaji mulai dari Rp1.560.000 sampai dengan Rp2.335.800 dan gitu seterusnya sampai golongan I ruang d.

Berikut merupakan tingkatan pangkat golongan PNS mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah:

1. Golongan IV (Pembina)

Jenis Pangkat Golongan Ruang
Pembina Utama IV e
Pembina Utama Madya IV d
Pembina Utama Muda IV c
Pembina Tingkat I IV b
Pembina IV a
Baca Selengkapnya :   Financial Technology :

2. Golongan III (Penata)

Jenis Pangkat Golongan Ruang
Penata Tingkat I III d
Penata III c
Penata Muda Tingkat I III b
Penata Muda III a

3. Golongan II (Pengatur)

Jenis Pangkat Golongan Ruang
Pengatur Tingkat I II d
Pengatur II c
Pengatur Muda Tingkat I II b
Pengatur Muda II a

4. Golongan I (Juru)

Jenis Pangkat Golongan Ruang
Juru Tingkat I I d
Juru I c
Juru Muda Tingkat I I b
Juru Muda I a

Demikian referensi tingkatan jabatan Pegawai Negeri Sipil di Indonesia. Tabel jabatan PNS tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan pemerintah saat ini.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!