fbpx

5 Jenis Mesin Absensi Terpopuler di Indonesia

Bagikan artikel ini

Kehadiran karyawan merupakan salah satu informasi penting yang digunakan sebagai salah satu pedoman untuk pengembangan suatu perusahaan. Informasi mengenai kehadiran serta keterlambatan karyawan perusahaan melakukan pemantauan kinerja dari masing-masing karyawan.

Ketika terjadi kesalahan dalam perhitungan data kehadiran, karyawan bisa saja mendapatkan gaji yang tidak sesuai. Hal ini tentu dapat memicu terjadinya kesalahpahaman antara perusahaan dengan karyawan. Maka dari itu perusahaan khususnya pihak personalia perlu melakukan pencatatan kehadiran karyawan secara cermat dan teliti. Berikut adalah lima jenis mesin absensi terpopuler di Indonesia yang dapat memudahkan pencatatan kehadiran karyawan.

Mesin Absensi Manual

Mesin absensi manual merupakan salah satu tipe mesin pertama kali yang digunakan perusahaan sejak kurang lebih dua abad silam, umumnya mesin ini juga biasa disebut dengan mesin “ceklok” oleh banyak orang. Absensi ini menggunakan mesin almano atau mesin absensi dengan sistem ceklok, jadi pegawai yang ingin mengisi kartu jam hadir harus memasukkan kartu jam hadir ke mesin almano, dan secara otomatis kartu jam hadir akan mencetak jam hadir atau pulang karyawan sesuai dengan jam kantor.

Baca Selengkapnya :   LAPORAN ABSENSI KARYAWAN: Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Kelebihan dari mesin absesnsi kartu ini adalah mudah digunakan, selain itu pegawai atau pekerja tidak bisa menulis waktu hadir atau pulang dengan sekendak hati, bagian penggajian akan sedikit terbantu pada saat merekap jam hadir pekerja, karena lebih rapih dan mudah dilihat

Mesin Absesnsi Sidik Jari


Sesuai dengan namanya absensi ini menggunakan sidik jari untuk mendeteksi kehadiran karyawan. Mesin absensi ini sangat diminati oleh setiap perusahaan karena sangat mudah untuk digunak
an, para karyawan cukup menempelkan jarinya pada sensor yang ada pada mesin ini, maka kehadiran tersebut akan tercatat secara otomatis.

Mesin Absesnsi Magnetic Card


Mesin ini ada
lah kombinasi antara mesin absensi digital dan juga mesin absensi kartu manual. Mesin absensi magnetic card ternyata telah dipergunakan sejak lama. Aktivitas absensi dengan menggunakan mesin ini cukup mudah, para karyawan hanya cukup menggesekkan atau men-tap kartu mereka pada mesin yang tersedia, ini menunjukkan jika pemakaian mesin absensi ini lebih sederhana karena para karyawan hanya perlu menggesekkan kartu atau ID Card mereka.

Mesin Absensi Biometrik


Teknologi biometrik digunakan untuk mengukur dan menganalisis karakteristik pribadi, baik itu secara fisik maupun perilaku. Karakteristik ini termasuk sidik jari, pola suara, ukuran tangan, mata dan lainnya, semuanya digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik manusia dan untuk memverifikasi identitas mereka masing-masing. Dikarenakan beberapa faktor tersebut, maka diciptakanlah mesin absensi biometrik.

Baca Selengkapnya :   Contoh Laporan Kehadiran Karyawan

Sistem absensi dengan sistem sidik jari atau fingerprint juga merupakan salah satu bentuk absensi biometrik, namun sebetulnya sistem absensi biometrik lebih spesifik dari pada sekadar fingerprint. Teknologi biometrik memungkinkan mesin untuk mendeteksi beragam karakteristik manusia secara lebih spesifik seperti wajah, suara, serta mata manusia.

Mesin Absensi Berbasis Web


Perkembangan aplikasi absensi karyawan berbasis
web merupakan salah satu terobosan penting dibidang teknologi. Aplikasi absensi semacam ini memungkinkan data kehadiran tersimpan dalam database berbasis cloud. Melalui  perusahaan tidak perlu menyediakan perangkat absensi secara khusus demi melakukan pencatatan absensi karyawan setiap harinya.

Perusahaan hanya perlu membuat akun khusus yang dapat dikelola oleh admin. Selain itu, masing-masing karyawan juga dapat dibuatkan akun khusus yang digunakan untuk mencatatkan kehadirannya setiap harinya. Absensi dengan aplikasi berbasis web juga memungkinkan karyawan mencatatkan kehadirannya ketika melakukan pekerjaan di luar kantor. Karyawan hanya perlu mengambil foto diri di lokasi tertentu yang sudah disepakati oleh perusahaan. Artinya, karyawan tidak perlu melakukan absensi secara langsung di kantor, misalnya ketika karyawan mendapat tugas diluar kantor.

Baca Selengkapnya :   Mudahnya Mengatur Jadwal Kerja Dengan SmartPresence

Pemilihan penggunaan sistem absensi karyawan pada perusahaan tentunya bertujuan untuk memudahkan pencatatan data kehadiran para karyawan serta membantu segala kesulitan terkait dengan kehadiran yang bertujuan untuk mencegah adanya kesalahan dalam pencatatan kehadiran karyawan.

Sebagai HR harus memastikan perusahaan memilih sistem atau layanan kehadiran terbaik demi menunjang tujuan tersebut, apa lagi dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini yang serba cepat dan mudah diakses. Salah satu layanan kehadiran terbaik yang dapat mejadi solusi perusahaan adalah smartpresence, sebuah layanan kehadiran dengan memanfaatkan mobile, online, serta menggunakan biometrik wajah.

Layanan smartpresence juga dilengkapi dengan fitur pencatatan kehadiran dapat dilakukan dimana pun lokasi yang telah ditentukan dengan bantuan fitur gps.  Fitur ini sangat membantu karyawan nantinya, khususnya karyawan yang cenderung bekerja tidak bisa hadir langsung di kantor atau mobile. Jadi bagaimana menyampaikan kesulitan yang anda alami terkait dengan kehadiran karyawan, anda dapat masuk ke halaman website kami dan melalui live chat dipojok kanan bawah.      

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!