fbpx

Yuk, Bangun Teamwork yang Kuat Dengan 5 Tips Ini!

Bagikan artikel ini

Teamwork

Teamwork atau kerjasama tim merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap tim dalam sebuah perusahaan. Karena dengan tim dengan teamwork yang solid akan menjadi kunci apakah sebuah organisasi atau perusahaan dapat berkembang atau tidak.

Jika tim kerja dalam perusahaan kurang maksimal dan tidak bisa bekerja sama, maka perkembangan bisnis akan terhambat dan mengalami banyak kendala. Oleh karena itu, menjaga kolaborasi tim dan membangun tim yang solid menjadi penting bagi sebuah perusahaan. 

Ada banyak faktor yang diperlukan untuk membangun teamwork yang baik dan solid. Karena di dalam sebuah tim terdapat sekian banyak anggota dengan isi kepala yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membangun team work yang solid di dalam perusahaan.

Pahami tujuan tim 

Agar teamwork semakin solid maka yang pertama dapat dilakukan adalah memahami apa tujuan dan misi dari tim yang ingin dicapai. Seluruh anggota tim harus benar-benar memahami dan berkomitmen untuk memenuhi goal tersebut. Pastinya perusahaan akan menjelaskan harapan apa yang mereka miliki terhadap tim yang dibentuk. Dan kejelasan ini diperlukan agar seluruh anggota tim memiliki ekspektasi yang jelas mengenai goal, tanggung jawab, kerja dan hasil kerja.

Baca Selengkapnya :   Yuk intip perbedaan HR dan HRD yang perlu kalian ketahui!

Saling percaya 

Libatkan seluruh anggota dalam kondisi apapun yang terjadi. Hal ini juga didukung dengan lingkungan yang nyaman untuk bisa bebas berekspresi, berpendapat, mempertahankan argumen, mengambil keputusan hingga berkomunikasi. Untuk membangun lingkungan inilah diperlukan rasa percaya satu sama lain. Jangan saling menghakimi atau menjatuhkan hanya karena terjadi perbedaan pendapat diantara kalian. Justru, perbedaan pendapat ini memperluas sudut pandang dan memperkaya ilmu Anda. 

Bangun komunikasi terbuka 

Dalam membangun tim yang solid diperlukannya sebuah komunikasi yang baik antar anggotanya. Setiap anggota tim harus bisa berkomunikasi secara terbuka dan jujur, dengan tetap menghormati orang lain. Dengan begitu setiap anggota tim akan merasa didengarkan dan dimengerti.

Berkomitmen pada kesepakatan 

Semua anggota tim harus berpartisipasi bersama-sama dalam membuat keputusan dengan kualitas yang tinggi. Setelah keputusan sepakat diambil, anggota pun harus memberikan dukungan penuh dan berkomitmen dalam menjalani apa yang sudah menjadi kesepakatan bersama. 

Lakukan evaluasi secara berkala 

Evaluasi secara berkala dalam sebuah tim itu sangat diperlukan dalam meningkatkan proses, cara kerja dan interaksi anggota tim. Bagi sebuah tim yang ingin berkembang dan bergerak maju, maka tim tersebut harus bisa menganalisis apa saja hal yang menghalangi kinerja dan strategi yang selama ini dilakukan. Tim harus mengadakan rapat secara rutin untuk terus melakukan assessment pada proses dan kinerja tim dalam mencapai tujuan bersama.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia Cara Mudah Menghitung Persentase Kehadiran!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!