fbpx

Pentingkah SOP HRD Dalam Perusahaan?

Bagikan artikel ini

SOP HRD

Human Resources Department (HRD) memiliki peranan yang sangat penting terutama pada pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam sebuah perusahaan. Pada dasarnya HRD memiliki tanggung jawab yang beragam, mulai dari melakukan rekrutmen dan seleksi calon karyawan baru, mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM perusahaan, membuat peraturan yang berhubungan dengan SDM, hingga mendefinisikan serta mensosialisasikan setiap kebijakan maupun budaya yang dimiliki oleh perusahaan.

Peran yang dimiliki HRD sangat kompleks, maka dari itu sangat penting bagi perusahaan untuk menetapkan standar operasional prosedur (SOP). Lalu seberapa pentingkah SOP HRD tersebut dan apa saja manfaatnya? Berikut ini penjelasannya!

Pentingnya SOP HRD

Biasanya dalam sebuah perusahaan, SOP HRD tersebut terdiri dari beberapa SOP lainnya yang terkait dengan tugas HRD. Seperti contohnya SOP untuk melakukan rekrutmen, mengelola cuti karyawan, melakukan penilaian kinerja karyawan dan lain sebagainya. Tentunya bukan hanya itu saja fungsi dari SOP ini, masih ada fungsi lainnya seperti berikut ini:

Baca Selengkapnya :   Layanan Produk SmartPresence yang Memberi Dampak Baik

1. Sebagai Pedoman

Dengan adanya SOP, tim HRD dapat mengurangi waktu untuk melakukan pelatihan kepada anggota baru. Mereka akan mampu menyelesaikan tugas awal yang diberikan dengan baik tanpa melalui banyak pelatihan.

2. Sebagai Pedoman Operasional pada Saat Perekrutan Karyawan

SOP HRD harus menjelaskan hal-hal apa saja yang diperlukan pada saat proses seleksi dan rekrutmen karyawan baru di perusahaan. Mulai dari memasang iklan lowongan pekerjaan, seleksi kandidat, tes tertulis, hingga proses interview HRD dan interview user.

3. Karyawan Tidak Sembarangan Mengambil Cuti

Dalam SOP inijuga mencakup SOP cuti karyawan, dimana di dalamnya terdapat peraturan tentang berapa kali diperbolehkan mengambil cuti dalam satu tahunnya, bagaimana dengan pembayaran kompensasi cuti apabila tidak diambil, peraturan cuti bersama perusahaan, peraturan ganti hari, dan lain-lain.

4. Mengatur Pengunduran Diri Karyawan

Ketika seorang karyawan ingin melakukan resign dari perusahaan untuk tujuan tertentu, mereka tidak bisa langsung melakukan resign pada hari itu juga. SOP HRD juga harus mengatur perihal pengunduran diri karyawan menjadi tidak sembarangan.

Baca Selengkapnya :   Aplikasi Pendukung Di Saat Work From Home Untuk Kerja Optimal

Manfaat Menggunakan SOP

Mempunyai Pedoman Operasional

Peraturan yang berlaku di dalam sebuah perusahaan akan menjadi lebih jelas karena perusahaan mempunyai pedoman operasional yang bersifat baku.

Alat Pengawasan Pekerjaan Karyawan

SOP yang sudah disusun dan dirancang dengan perencanaan yang baik maka nantinya akan menjadi acuan bagi para penanggung jawab kegiatan pekerjaan. Karena SOP dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan pengawasan pada setiap pekerjaan yang ada sehingga pekerjaan tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuannya..

Tugas Operasional Berjalan Lancar

Semua karyawan yang ada di dalam perusahaan dapat melaksanakan setiap tugas yang menjadi tanggung jawabnya sehingga kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Mempermudah Pemahaman Prosedur Baku

Mempermudah karyawan untuk memahami prosedur baku yang berlaku di perusahaan tersebut apabila dilakukan pemindahan atau mutasi.

Mempermudah Perusahaan dalam ISO

Dengan adanya SOP ini maka perusahaan akan dimudahkan dalam mendapatkan label perusahaan dengan standar Internasional atau ISO (International Organization for Standardization).

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!