fbpx

Pengertian Transformasi Digital Beserta Manfaatnya

Bagikan artikel ini

Pengertian Transformasi Digital

Transformasi digital kian menjadi perbincangan yang cukup hangat di kalangan masyarakat maupun pebisnis saat ini, bahkan hingga ke berbagai sektor. Karena berkat adanya transformasi digital semua hal yang awalnya rumit menjadi lebih mudah dilakukan. Hanya dengan sedikit sentuhan pada layar smartphone, kamu dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sebenarnya definisi atau pengertian transformasi digital sehingga dapat mempermudah pekerjaan baik itu dalam kehidupan sehari-hari maupun kegiatan bisnis. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian transformasi digital.

Pengertian Transformasi Digital

Digital transformation atau transformasi digital merupakan sebuah hal dalam penggunaan teknologi yang dilakukan untuk mentransformasi atau mengubah proses analog atau tradisional menjadi digital yang lebih efisien dan efektif. Dalam kehidupan sehari-hari kita sendiri sudah mengalami transformasi digital tersebut, mulai dari penggunaan jam tangan pintar hingga asisten rumah tangga dengan kecerdasan buatan atau AI. 

Baca Selengkapnya :   Metode Mengukur Kinerja Perusahaan secara Efektif

Transformasi digital ini lebih merujuk pada bagaimana cara teknologi mengubah suatu bisnis dengan segala bidang teknologi yang baru seperti pembelajaran mesin, data besar, dan internet untuk kepentingan bisnis tersebut.  Dengan adanya konsep ini pastinya akan memberikan dampak yang sangat signifikan dan membuat proses bisnis yang sebelumnya menjadi lebih baik lagi.

Transformasi digital sendiri dapat mencakup banyak teknologi dan pastinya akan selalu berkembang seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, untuk saat ini, teknologi yang paling cukup  diminati dalam dunia bisnis adalah cloud computing, Internet of Things, big data, dan artificial intelligence atau AI.

Manfaat yang dari Transformasi Digital

Meningkatkan mobilitas

Di era digital saat ini, banyak pelanggan menghabiskan waktunya dalam menggunakan smartphone maupun perangkat lainnya seperti tablet dan laptop. Sehingga tidak sedikit perusahaan yang memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan produktivitas serta kapasitas perangkat-perangkat ini dengan mengadaptasi transformasi digital. Yang pada akhirnya, bertujuan untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Membuat data lebih aman

Manfaat lainnya dari transformasi digital adalah terwujudnya komitmen pada keamanan data oleh perusahaan. Para pimpinan perusahaan harus mampu melindungi informasi para konsumennya, khususnya pada jumlah yang sangat banyak dan apabila mengandung informasi-informasi yang bersifat rahasia atau sensitif.

Baca Selengkapnya :   Hal Apa Saja yang Mempengaruhi SWOT? Ini Jawabannya!

Mendorong produktivitas

Dengan adanya transformasi digital, produktivitas karyawan dapat ditingkatkan berkat penggunaan tool yang mempermudah dan mempercepat proses kerja mereka. Tak hanya itu, biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk tenaga kerja pun bisa menjadi lebih rendah.

Memberikan UX yang lebih baik

Interface atau tatap muka yang jauh sederhana dan interaksi yang lebih mudah dipahami dapat membuat pekerjaan menjadi lebih produktif. Aspek-aspek yang meningkatkan user experience ini dapat terwujud dengan adanya transformasi digital.

Meningkatkan daya saing di industri

Sebuah teknologi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan bisa jadi sebuah nilai tambah dan modal untuk bersaing lebih kuat dari perusahaan lainnya di industri yang sama. 

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!