fbpx

Ekonomi Manajemen : Pengertian Serta Prinsip Dasarnya

Bagikan artikel ini

Ekonomi Manajemen

Pada umumnya ekonomi manajemen ialah ilmu serta seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengawasan terhadap usaha- usaha para anggota organisasi serta pemakaian sumber daya organisasi buat menggapai suatu tujuan yang telah diresmikan tadinya. Kemudian, manajemen sendiri mempunyai suatu aktivitas memimpin, mengendalikan, mengelola, mengatur, dan juga meningkatkan.

Sektor ekonomi dan manajemen memanglah tidak dapat dipisahkah. Sebab hendak senantiasa terdapat keterkaitan antara keduanya. Zona manajemen dapat dikatakan selaku seni, yang dimana seni dalam menuntaskan pekerjaannya lewat kerja sama dengan orang lain. Aspek perencanaan kepemimpinan, komunikasi dan pengambilan keputusan tentang faktor manusia menimpa metode memakai pendekatan dalam manajemen seni.

Pengertian Ekonomi Manajemen 

Dalam era globalisasi yang terus menerus berkembang, peran manajemen ekonomi menjadi sangat penting demi keberlangsungan dan pertumbuhan bisnis. Manajemen ekonomi ini bukanlah sekedar konsep yang sifatnya teoritis, tetapi sebagai fondasi yang memandu perusahaan menuju efisiensi dan ketahanan ekonomi. 

Baca Selengkapnya :   Apa Saja Manfaat Analisis Jabatan Bagi Perusahaan?

Manajemen ekonomi didefinisikan sebagai suatu pendekatan atau disiplin dalam mengelola sumber daya ekonomi perusahaan atau organisasi demi mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. 

Manajemen ekonomi ini mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pemantauan aspek ekonomi dalam suatu entitas. Hal ini termasuk aspek keuangan, pengalokasian sumber daya dan manajemen risiko.  

Prinsip Dasar Ekonomi Manajemen 

Ada 3 dasar dari ekonomi manajemen antara lain, teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, serta ilmu administrasi. Berikut penjelasannya masing- masing:

Teori ekonomi 

Teori ini menjadi salah satu dasar pengambilan keputusan ekonomi manajemen. Ilmu ini diawali dengan suatu model yang akan menggambarkan peristiwa serta berbagai macam aspek yang ada di dalamnya. 

Teori ekonomi dibagi menjadi dua bidang utama, yaitu ekonomi makro dan mikro. Ekonomi makro lebih berfokus pada investasi, pendapatan, agregat, output dan lapangan kerja, sedangkan ekonomi mikro erat kaitannya dengan perilaku ekonomi, seperti sistem perdagangan, sumber daya, dan perilaku pribadi. 

Ilmu pengambilan keputusan 

Ketika akan mengambil suatu keputusan dalam ekonomi manajemen, tentunya dibutuhkan suatu perangkat yang mendukung seperti matematika ekonomi dan ekonometrik. Kedua ilmu inilah yang mendukung perusahaan untuk membentuk dan memperkirakan model keputusan sebagai penentuan perilaku perusahaan. 

Baca Selengkapnya :   ILMU TERSENYUM: PANDUAN UNTUK GESTUR SENYUMAN TERKUAT DI DUNIA

Ilmu matematika di dalam ekonomi ini digunakan buat membentuk model ekonomi yang dipaparkan di dalam teori ekonomi ataupun ekonometrik. Model ini memakai perlengkapan statistik pada perangkat dunia nyata untuk mengestimasi model yang dipostulatkan oleh teori ekonomi ialah untuk peramalan ataupun estimasi.

Ilmu administrasi bisnis 

Ilmu penting yang mendukung pengambilan keputusan yang erat kaitannya dengan keuangan, manajemen sumber daya manusia dan material serta akuntansi. Jadi, dapat dikatakan bahwa ilmu ini sangat berarti dalam manajemen ekonomi. 

Manajemen ekonomi menjadi aspek penting dalam keberhasilan dan keberlanjutan suatu organisasi atau perusahaan. Dengan perencanaan keuangan yang baik dan mengedepankan analisis data yang mendalam, manajemen ekonomi akan sangat membantu perusahaan atau organisasi menghadapi tantangan ekonomi. Caranya dengan adaptabilitas dan responsivitas yang tinggi. Dengan demikian, Anda dapat memastikan keputusan yang akan diambil menjadi keputusan terbaik serta membuat perencanaan untuk masa yang akan datang. 

Reference: 

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!