fbpx

Apa Itu Business Model Canvas?

Bagikan artikel ini

business model canvas

Dalam menjalankan sebuah bisnis pastinya Anda memerlukan sebuah strategi, manajemen, maupun sistem yang dapat mempermudah orang-orang yang ada di dalamnya untuk bekerja secara maksimal, efektif dan dapat mencapai goals yang dimiliki perusahaan. Anda dapat menerapkan business model canvas yang merupakan salah satu dari sekian model bisnis yang berkembang di dunia yang dapat Anda gunakan. Model bisnis ini terbukti efektif dan sering diterapkan oleh berbagai pebisnis tanpa terbatas sektor usaha.

Apa Itu business model canvas?

Business Model Canvas merupakan sebuah alat dalam strategi manajemen yang digunakan untuk menerjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur maupun keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual. Dapat dikatakan model bisnis adalah strategi yang dibuat di awal untuk menjalankan sebuah bisnis. Model bisnis ini akan mengatur hubungan antara bagian produksi, distributor hingga ketangan konsumen.

Model bisnis ini pertama kali dikembangkan oleh Alexander Osterwalder. Bisnis model canvas ini terdiri dari sembilan elemen yang dapat menunjang berjalannya sebuah bisnis.

Baca Selengkapnya :   Cara Jitu Tingkatkan Penjualan di Instagram

9 Elemen Business Model Canvas

Pada Business Model Canvas terdapat 9 elemen penting yang dapat diisi sesuai masing-masing poin penting dalam suatu perencanaan bisnis perusahaan. 9 panduan ini sangat penting untuk mengarahkan Anda dalam menentukan bagaimana sistem kerja perusahaan sekaligus memeriksa apakah aktivitas perusahaan sudah sesuai atau belum.

Value Proposition

Value proposition adalah sebuah nilai yang diposisikan perusahaan untuk calon customer. Dapat dikatakan bahwa value proposition ini adalah nilai jual produk atau jasa Anda sehingga konsumen memilih perusahaan Anda daripada kompetitor.  Hal ini menjadi kesempatan untuk Anda menyebutkan kekuatan dan keunggulan yang membedakan bisnis Anda dengan kompetitor sehingga konsumen memilih perusahaan Anda daripada kompetitor.

Customer segments

Menentukan customer segments yang bisa menjadi target bisnis Anda sangatlah penting.  Dari customer tersebut nantinya suatu perusahaan akan mendapatkan income. Anda dapat menentukan segmentasi customer dengan melihat value proposition produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Itulah kenapa value proposition saling berkaitan erat dengan customer segments.

Customer relationship

Customer relationship adalah elemen di mana perusahaan menjalin ikatan dengan pelanggannya. Agar customer tidak berpaling ke kompetitor, maka menjalin hubungan yang baik dengan konsumen sangat penting. Cara yang paling mudah untuk menjangkau konsumen milenial adalah dengan berinteraksi lewat channel yang sering didatangi oleh target konsumen Anda. Anda dapat berkomunikasi sesuai dengan bahasa mereka dan memberikan konten-konten yang sesuai dengan ketertarikan mereka.

Baca Selengkapnya :   Perbedaan Insentif dan Bonus yang Perlu Diketahui!

Channels

Selanjutnya, Anda harus menentukan channel atau saluran yang akan digunakan dalam memasarkan jasa atau produk kepada customer. Pemilihan channel ini adalah salah satu elemen yang paling menentukan keberhasilan sebuah  bisnis. Melalui penggunaan channels yang tepat, Anda baru bisa menyampaikan value propositions kepada customer segments.

Key Activities

Key activities merupakan aktivitas bisnis Anda yang dijalankan sehari-hari agar menghasilkan produk atau jasa serta bertahan di tengah kompetisi. Kegiatan utama dalam elemen ini adalah untuk menghasilkan proposisi nilai.  Selain itu pada elemen ini juga menunjukkan kegiatan utama yang harus diberi perhatian lebih oleh perusahaan.

Key resources

Key resource merupakan sebuah elemen dalam bisnis model kanvas yang terdiri dari daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan oleh perusahaan. Jenis sumber daya di sini mulai dari pengelolaan bahan baku, penataan sumber daya manusia, dan penataan proses operasional. Sumber daya ini harus Anda perhatikan karena hal inilah yang berdampak pada jangka panjang pada bisnis.

Key partners

Key partners merupakan elemen yang digunakan untuk pengorganisasian aliran dari produk atau layanan lainnya. Posisi-posisi partner kunci tersebut bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas dari key activities yang telah dibuat. Anda dapat mulai menjalin hubungan baik agar menciptakan siklus bisnis sesuai dengan tujuan bisnis yang Anda buat.

Baca Selengkapnya :   Apa Saja Perbedaan Ide dan Peluang Usaha ?

Cost structures

Cost structure merupakan struktur dari finansial yang akan membiayai operasional perusahaan. Hal Ini harus diperhitungkan dengan benar agar nantinya perusahaan dapat mengurangi risiko kerugian. Ada baiknya Anda membuat laporan keuangan yang tepat dan sesuai untuk bisnis agar terhindar dari risiko kerugian.

Revenue streams

Selain menghindari kerugian, penting juga bagi perusahaan untuk menentukan bagaimana mereka akan mendapatkan profit atau keuntungan. Revenue stream merupakan sumber pendapatan perusahaan dari berbagai sumber, seperti hasil penjualan, dividen dan sebagainya. Jadi Anda harus bisa mengelola dan memastikan bahwa tidak ada bahan baku, produk, ataupun kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Daftar Isi

Categories

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!