fbpx

Bingung Cara Daftar Kartu Pra Kerja?! Ini Dia Caranya!!!

Bagikan artikel ini

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Kartu Pra Kerja adalah salah satu program bantuan yang dibuat oleh pemerintah untuk mendukung pertumbuhan perekonomian yang ada di Indonesia. Program ini berupa bantuan biaya yang diberikan pemerintah untuk para pencari kerja, pekerja yang ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program bantuan ini pertama kali dilaksanakan oleh pemerintah pada bulan April 2020 dan hingga saat ini pemerintah sudah melaksanakan sebanyak 11 gelombang kartu pra kerja. Dilansir dari suara.com bawha pemerintah akan kembali membuka program Kartu Pra kerja gelombang 12 pada tahun 2021. Akan tetapi belum ada jadwal atau tanggal tepatnya kapan gelombang 12 ini akan dibuka.

Jadi bagi Anda yang belum mendaftar ataupun tidak lolos program Kartu Pra Kerja pada gelombang sebelumnya, Anda bisa mendaftarkan diri pada gelombang 12 ini. Dan bagi Anda yang sudah lolos pada gelombang sebelumnya, Anda tidak bisa lagi untuk mendaftar pada gelombang terbaru.

Walaupun belum ada kepastian dari pemerintah mengenai kapan dibukanya pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang 12 ini, ada baiknya untuk Anda mempersiapkan diri. Berikut ini syarat untuk mendaftar kartu pra kerja dan cara mendaftar Kartu Pra kerja.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia Jenis-Jenis Cuti Karyawan di Indonesia

Syarat Mendaftar Kartu Pra Kerja

Sebelum Anda mendaftarkan diri dalam program Kartu Pra Kerja, ada beberapa syarat yang Anda harus ketahui. Berikut syarat untuk mendaftar Kartu Pra kerja:

  • WNI
  • Minimal berusia 18 tahun
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal

Cara Mendaftar

Apabila Anda sudah memenuhi syarat untuk mengikuti program Kartu Pra Kerja, maka Anda hanya perlu mendaftarkan diri melalui website prakerja.go.id. Bagi Anda yang belum mengikuti program ini, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Daftar akun Kartu Pra Kerja itu sangatlah mudah dan berikut ini cara membuat akun Kartu Pra Kerja:

  1. Login ke laman www.prakerja.go.id dan klik ‘Daftar Sekarang’.
  2. Lalu masukkan nama lengkap, email dan kata sandi.
  3. Jangan lupa untuk mencentang “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku” dan jika sudah klik Daftar.
  4. Langkah selanjutnya Anda dapat membuka email yang didaftarkan dan ikuti petunjuk untuk melakukan verifikasi email.
  5. Apabila Anda sudah melakukan verifikasi akun, maka Anda sudah berhasil untuk membuat akun Pra Kerja dan untuk selanjutnya Anda bisa mendaftar Kartu Pra Kerja.
Baca Selengkapnya :   Financial Technology :

Jika anda sudah membuat akun Kartu Pra Kerja maka selanjutnya Anda hanya perlu login ke website pra kerja dan melengkapi data yang diminta. Berikut ini cara daftar Kartu Pra Kerja:

  1. Pertama Anda dapat login menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya dan nantinya Anda akan masuk ke dashboard akun.
  2. kemudian verifikasi KTP, Anda dapat mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir sesuai dengan KTP Anda lalu klik Berikutnya.
  3. Setelah itu lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto dengan KTP Anda.
  4. Lakukan verifikasi telepon dan klik kirim.
  5. Nantinya anda akan menerima kode OTP yang dikirimkan via SMS ke nomor HP Anda dan masukkan kode OTP tersebut lalu klik verifikasi.
  6. Setelah selesai melakukan verifikasi KTP, mengisi data diri, dan verifikasi nomor telepon, nantinya Anda akan diminta mengisi pernyataan pendaftar dan sudah selesai klik Oke.
  7. Berikutnya Anda akan diwajibkan melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar yang sudah disediakan.  
  8. Setelah selesai melakukan tes, maka hasil tes akan dievaluasi terlebih dahulu.
  9. Selanjutnya Anda harus memilih gelombang yang diinginkan dan Anda harus menyesuaikan dengan domisili Anda, lalu klik Gabung.
  10. Nantinya akan muncul konfirmasi gelombang yang Anda pilih. Apabila sudah sesuai, klik Ya, Gabung.
  11. Setelah mengisi Gelombang, akan muncul persetujuan Kartu Pra Kerja yang berisi beberapa pernyataan. Anda harus klik Saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.
  12. Dengan begitu tahap pendaftaran selesai dan selanjutnya Anda akan menerima notifikasi apakah Anda lolos melalui SMS setelah penutupan gelombang.
Baca Selengkapnya :   Caranya Terhindar Informasi Hoax Lowongan CPNS

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!