fbpx

3 Langkah Mudah Menghadapi Tes CPNS!

Bagikan artikel ini

CPNS

Pendaftaran CPNS untuk tahun ini telah resmi dibuka, orang beramai-ramai mendaftarkan dirinya meskipun peluang untuk lulus sangat sedikit, ini disebabkan oleh banyaknya peminat. Jika Anda sangat ingin menjadi PNS, tentu Anda harus mempersiapkan diri dengan matang. Pastikan Anda melengkapi semua pesyaratan yang sudah ditentukan. Baik itu kelengkapan administrasi dan kelengkapan diri untuk mengikuti semua tahapan tes CPNS. Berikut ini 3 langkah mudah menghadpi tes CPNS :

1. Memilih Instansi

Memilih instansi merupakan tahap pertama yang akan dilalui oleh calon pelamar CPNS, Anda harus mengetahui instansi yang sesuai dengan yang Anda minati, meskipun calon pelamar melakukan seleksi penerimaan melalui tes yang sama, akan tetapi beda instansi yang dipilih maka berbeda pula komposisi soalnya.

Baca juga: Ini Dia Daftar Gaji Pokok PNS 2020

Penting untuk mencari tahu tentang tes CPNS instansi yang Anda inginkan. Alangkah baiknya Anda memilih instansi yang sesuai dengan minat atau sesuai dengan jurusan pada saat kuliah, agas peluang lulus tes CPNS lebih besar. Kesempatan untuk diterima menjadi PNS lebih besar jika Anda memilih posisi yang memiliki lowongan banyak.

Baca Selengkapnya :   Coba 5 Tips Agar Hidup dan Karier Seimbang Berikut Ini

2. Lengkapi dokumen persyaratan CPNS

Seleksi tes CPNS membutuhkan banyak sekali persyaratan administrasi yang mau tidak mau harus semuanya dilengkapi. Tidak jarang calon pelamar PNS mengalami kegagalan pada tahap administrasi, ini dikarenakan sebagian besar menganggap remeh persyaratan administrasi. Sedikit kekurangan pada tahap administrasi akan menyebabkan calon pelamar tidak diterima untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu tes TKD ( Tes Kemampuan Dasar).

Supaya bisa lulus dalam tahap administrasi kamu harus melengkapi persyaratan yang sederhana sekalipun seperti misalnya KTP, Ijazah, nilai TOEFL, SKCK, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, surat keterangan bebas narkoba dan lain sebagainya. Dan jangan lupa terhadap jadwal pendaftaran jangan sampai kelewatan.

Baca juga: Caranya Terhindar Informasi Hoax Lowongan CPNS

3. Pelajari soal tes CPNS

Tes yang akan dilalui oleh calon pelamar CPNS adalah Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Durasi tes akan sesuai dengan Instansi yang akan dipilih.

  • Tes Kemampuan Dasar terdiri dari :
  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU)
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Baca Selengkapnya :   Kompensasi Waktu Sebagai Waktu Pengganti

Persiapkan diri dengan baik mulai H-1 hari tes, Pakailah kemeja putih polos, bawahan hitam polos dan sepatu pantofel hitam. Bawa KTP asli dan dokumen lain yang dibutuhkan. Jangan lupa survey lokasi tes terlebih dahulu agar Anda tidak bingung pada hari itu. Jangan melakukan pekerjaan berat ataupun tidur terlalu malam sehari sebelum tes dilaksanakan, supaya pada saat mengerjakan soal bisa dengan tenang dan nyaman.

Baca juga: Begini Cara Mudah Cek NIP dan Data Profil PNS

Pada hari H, jangan lupa untuk sarapan agar bisa lebih konsentrasi dalam mengerjakan soal. Perhitungkan waktu keberangkatan dari rumah jangan sampai telat, karena akan membuat Anda panik dan kekurangan waktu untuk mengerjakan soal. Berdoalah sebelum mengerjakan soal, semoga Anda lulus dan diterima di posisi yang Anda inginkan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!