fbpx

Mengatur Catatan Kehadiran

Mengatur Catatan Kehadiran

Daftar Isi

Menu “Masuk Keluar” merupakan menu master catatan kehadiran pada saat melakukan proses presensi. Beberapa perusahaan memerlukan adanya catatan kehadiran sebagai keterangan presensi. Misalnya pada presensi masuk dengan catatan “dari dinas”, “terlambat macet”, “terlambat sakit”, atau “dari makan siang”, serta pada saat presensi keluar dengan catatan “keluar dinas”, “keluar makan”, dan ”keluar pulang”. Masing-masing catatan ini memiliki pengaturan terhitung jam kerja atau tidak. Pengaturan ini dibutuhkan pada saat perhitungan rekapitulasi jam kerja.

  1. Cara Menambah Master Catatan Masuk Keluar
    1. Masuk pada menu “Data Induk” > “Catatan Kehadiran” > “Masuk Keluar.”
    2. Tekan Tombol “+Tambah Data” pada versi web atau tekan tombol “+” pada versi mobile.
    3. Isi Informasi Catatan “Masuk Keluar” yang akan dibuat.
    4. “Tampil Saat” itu artinya pada saat proses presensi data capture muncul catatan kehadiran. “Terhitung kerja” artinya pada saat catatan keluar, apakah selama dia keluar terhitung kerja atau tidak. “Tampil pada mesin” digunakan untuk menentukan apakah catatan tersebut dimunculkan pada data capture atau tidak.
    5. Tekan tombol “Simpan” pada versi web atau “√” pada versi mobile untuk menyimpan data.
  1. Cara Mengoreksi Master Catatan Masuk Keluar
    1. Masuk pada menu “Data Induk” > “Catatan Kehadiran” > “Masuk Keluar.”
    2. Pilih master catatan “Masuk Keluar” yang akan diperbaiki (Gunakan menu pencarian untuk mempermudah menemukan nama catatan).
    3. Tekan tombol pensil berwarna hijau pada versi web atau tekan catatan “Masuk Keluar” dan tekan “koreksi” pada versi mobile.
    4. Lakukan koreksi data sesuai kebutuhan.
    5. Tekan Tombol “Simpan” pada versi web atau “√” pada versi mobile untuk menyimpan data
  1. Cara Menghapus Master Catatan Masuk Keluar
    1. Masuk pada menu “Data Induk” > “Catatan Kehadiran” > “Masuk Keluar.”
    2. Pilih master catatan “Masuk Keluar” yang akan dihapus (Gunakan menu pencarian untuk mempermudah menemukan nama catatan).
    3. Tekan tombol tong sampah pada versi web atau tekan master catatan “Masuk Keluar” dan tekan “Hapus” pada versi mobile.

Menu “Tidak masuk” merupakan menu master keterangan izin tidak masuk. Jika pegawai membuat izin tidak masuk harus disertakan keterangan izin tidak masuk. Keterangan ini memiliki kategori yang menentukan apakah izin tersebut masuk kerja atau tidak. Misalnya “Tugas Dinas” termasuk kategori “Dispensasi” berarti dengan alasan tersebut pegawai dianggap masuk.

  1. Cara Menambah Master Catatan “tidak masuk”
    1. Masuk pada menu “Data Induk” > “Catatan Kehadiran” > “Tidak masuk”
    2. Tekan tombol “+ Tambah Data” pada versi web atau tekan tombol “+” pada versi mobile.
    3. Isi informasi yang akan dibuat.
    4. Kategori menentukan catatan tidak masuk tersebut terekam masuk kerja atau tidak masuk kerja. Kategori “Dispensasi” akan masuk pada rekap masuk kerja, kategori “Sakit”, “Izin”, “Alpha” masuk pada rekap tidak masuk kerja.
    5. Tekan tombol “Simpan” pada versi web atau “√” pada versi mobile untuk menyimpan data.
  1. Cara mengoreksi master catatan “Tidak Masuk”
    1. Masuk pada menu “Data Induk” > “Catatan Kehadiran” > “Masuk Keluar”
    2. Pilih master catatan “Tidak Masuk” yang akan diperbaiki (Gunakan menu pencarian untuk mempermudah menemukan nama catatan).
    3. Tekan tombol pensil pada versi web atau tekan catatan “Tidak Masuk” dan tekan “Koreksi” pada versi mobile.
    4. Lakukan koreksi data sesuai kebutuhan.
    5. Tekan tombol “Simpan” pada versi web atau “√” pada versi mobile untuk menyimpan data
  1. Cara menghapus master catatan “Masuk Keluar”
    1. Masuk pada menu “Data Induk” > “Catatan Kehadiran” > “Masuk Keluar”
    2. Pilih master catatan “Tidak Masuk” yang akan diperbaiki (Gunakan menu pencarian untuk mempermudah menemukan nama catatan).
    3. Tekan tombol tong sampah pada versi web atau tekan “Master Catatan” dan tekan hapus pada versi mobile.