fbpx

Cara Absen dengan SmartPresence Data Capture

Cara Absen dengan SmartPresence Data Capture

Daftar Isi

Secara default validasi pertama SmartPresence Data Capture menggunakan “PIN” untuk identifikasi siapa yang melakukan presensi dan menggunakan wajah sebagai validasi yang menyatakan sudah melakukan presensi. Selain PIN, identifikasi melakukan presensi bisa dengan daftar pegawai dan langsung menggunakan validasi wajah.

Sebelum melakukan presensi, pegawai diharuskan mengambil sampel wajah terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Aturan Pendaftaran
    – Pengambilan contoh wajah (face sampling) untuk pertama kali akan dilakukan kurang dari 3 detik dengan tingkat pendeteksian menyerupai wajah manusia sebesar 70%.
    – Dalam sekali pengambilan contoh wajah (< 3 detik), akan mengambil 1 gambar wajah.
    – Pengambilan contoh wajah (face sampling) yang berikutnya, mesin akan melakukan pengenalan (recognition) dengan sampel wajah sebelumnya dengan kemiripan sebesar 70% dari sampel wajah sebelumnya. Jika tidak mencapai target, sampel wajah baru tidak akan disimpan.
    – Untuk user yang menggunakan kacamata, diharapkan memiliki 2 buah tipe contoh wajah. Sampling pertama tidak menggunakan kacamata, sampling yang kedua menggunakan kacamata.
  2. Pencahayaan
    – Karena berhubungan dengan kamera, maka pencahayaan saat membuat sampling, proses check in, dan check out, harus diperhatikan. Tidak disarankan di dalam keadaan ruangan dengan pencahayaan yang redup.
    – Hindari backlight atau cara yang lebih terang dari belakang (jangan membelakangi cahaya).
  3. Proses Pendaftaran
    Untuk pendaftaran sampel wajah (face sampling), Anda bisa masuk menu pengaturan dan pilih menu pendaftaran (Register). Pendaftaran sampel wajah bisa dilakukan beberapa kali sesuai keperluan (mengikuti kondisi cahaya) dengan demikian memungkinkan untuk menambah sampel.
    – Masukkan “PIN” untuk identifikasi pengguna.
    – Menghadap ke kamera untuk scan wajah.
    – Jika sampel wajah dianggap sudah bagus tidak buram, atau blur, dan cahayanya pas, silahkan untuk menyimpan sampel.

Setelah pegawai melakukan proses pendaftaran sampel wajah maka pegawai tersebut sudah bisa melakukan presensi. Proses presensi pada SmartPresence Data Capture di sini menggunakan dua tombol yaitu tombol MASUK untuk presensi masuk, tombol KELUAR untuk presensi keluar atau pulang. Berikut langkah-langkah melakukan presensi:

  1. Tekan tombol MASUK atau KELUAR.
  2. Masukkan PIN untuk identifikasi pengguna lalu tekan OK
  3. Menghadap ke kamera untuk validasi dengan pengenalan wajah (Face Recognition).

Setelah melakukan validasi wajah akan muncul pemberitahuan bahwa presensi sukses, gagal atau diragukan. Jika absensi gagal Anda dapat mengulang kembali untuk melakukan presensi. Sedangkan jika muncul pemberitahuan wajah atau lokasi diragukan maka Anda bisa memilih opsi ajukan atau batal. Jika Anda memilih opsi ajukan, nantinya Anda bisa memilih menerima atau menolak notifikasi yang akan masuk ke dalam SmartPresence Dashboard. Sedangkan jika memilih opsi batal, maka Anda dapat mengulang kembali melakukan presensi.