fbpx
Skill Komunikasi

Tips Meningkatkan Skill Komunikasi di Dunia Kerja

Komunikasi tidak hanya penting dalam berkehidupan masyarakat saja, tetapi juga diperlukan dalam dunia pekerjaan. Sebuah kerjasama akan terjalin baik dengan adanya komunikasi, untuk itu sebagai karyawan haruslah memiliki skill komunikasi yang mumpuni agar anda memahami bagaimana cara berkomunikasi yang baik.

Baca Juga: Peran Komunikasi Bisnis Pada Perusahaan

Dengan memiliki skill komunikasi yang bagus, maka Anda dapat berpeluang besar untuk memiliki karir yang sukses di bidang yang Anda tekuni. Oleh karena itu, jangan sampai skill komunikasi Anda berada dalam tingkatan yang buruk sehingga Anda tidak kesulitan untuk terus mengembangkan karier.

Cara Meningkatkan Skill Komunikasi

Fokus Dengan Apa yang Ingin Disampaikan

Dalam menyampaikan suatu informasi kepada client atau karyawan lain Anda harus menyampaikan informasi yang akan diberikan secara jelas. Jadi Anda harus berpikir untuk menyusun kata-kata yang akan disampaikan kepada karyawan lain maupun client agar mudah dapat dipahami. Dari pada Anda fokus untuk memikirkan apa yang harus dilakukan sebaiknya Anda fokus pada apa yang ingin orang lain dengar. Dengan begitu Anda akan lebih efektif untuk menyampaikan maksud anda yang sebenarnya.

Belajar Berbicara di Depan Umum

Jika Anda ingin meningkatkan skill komunikasi di tempat kerja, salah satu cara terbaik adalah dengan melakukan obrolan secara langsung tanpa perantara seperti email. Pastinya dengan melakukan obrolan secara langsung Anda akan mengetahui ekspresi wajah atau bahasa tubuh dari lawan bicara. Sebagian orang terkadang merasa malu ketika disuruh untuk berbicara di depan umum. Padahal hal ini merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan skill komunikasinya. Anda harus mempunyai rasa percaya diri untuk berbicara didepan umum agar tidak menghambat karir anda kedepannya.

Tingkatkan Komunikasi Tertulis

Walaupun melakukan obrolan secara langsung merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan skill komunikasi, bukan berarti Anda mengenyampingkan komunikasi tertulis. Penyampaian informasi tertulis kepada orang lain ditempat kerja maupun client, Anda harus melakukan penulisan informasi secara lengkap, ringkas, dan akurat. Sehingga pembaca akan dapat dengan mudah memahami yang anda katakan walau hanya menggunakan tulisan. Dengan menulis isi email yang lebih baik akan membuat orang lain atau pembaca di tempat kerja anda memahami dengan baik dan lebih sedikit waktu untuk mengulangi pembahasannya di telepon.

Pahami Audiens

Satu hal yang penting bagaimana cara meningkatkan skill komunikasi di tempat kerja adalah dengan memahami audiens. Setiap audiens mempunyai cara pandang dan preferensi yang berbeda-beda sehingga Anda harus mempertimbangkan hal tersebut saat hendak melakukan komunikasi. Misalkan saja Anda harus bicara dengan klien atau presentasi di hadapan rekan kerja, maka pahami audiens dengan baik supaya dapat menciptakan komunikasi yang harmonis.

Perluas Relasi

Kesuksesan Anda juga dapat bergantung pada bagaimana kemampuan Anda membuat banyak relasi di banyak tempat. Bertemu dengan relasi yang luas dan sukses mampu meningkatkan skill komunikasi Anda, dengan begitu Anda juga mampu berkomunikasi secara efektif dengan rekan kerja dan atasan anda. Selain bisa meningkatkan skill komunikasi karena banyak jaringan, Anda juga bisa mendapatkan wawasan yang luas dari berbagai orang yang Anda kenal.

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.