fbpx
Food And Beverage Service

Teknologi Dalam Industri Food And Beverage Service!

Industri F&B atau Food And Beverage merupakan salah satu industri yang telah ada dan berkembang sejak lama. Jenis bisnis yang dapat dikategorikan masuk dalam industri F&B adalah bisnis yang berfokus pada pelayanan makanan dan minuman sebagai poros bisnisnya untuk mencapai kepuasan pelanggan. 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Penjualan F&B Lewat Instagram

Dengan perkembangan zaman yang begitu maju, pengertian Food And Beverage service pun mengalami perluasan makna. Akan tetapi secara umum F&B service adalah sebuah istilah yang menggambarkan sebuah layanan penyajian makanan kepada pelanggan. untuk memberikan kepuasan pelanggan serta mendatangkan keuntungan.

Pengertian F&B

Memang secara umum Food and Beverage Service dapat diartikan sebagai sebuah layanan penyajian makanan untuk para pelanggan. Tetapi secara lebih mendalam, Food And Beverage adalah sebuah bidang usaha yang merupakan bagian usaha yang bertugas untuk memberikan jasa pelayanan makan dan minum yang dikelola secara profesional untuk memberikan kepuasan pelanggan serta mendatangkan keuntungan.

Tren Teknologi Dalam Industri F&B

Di zaman yang semakin modern ini hampir seluruh sektor industri mulai melakukan inovasi teknologi termasuk dalam industri F&B. Para pemilik bisnis F&B Service mulai berlomba-lomba untuk  menghadirkan pengalaman menyantap makanan yang menarik minat para pelanggan. 

Agar usahanya dapat bersaing, para pengusaha di bidang F&B Service pun kini mulai menerapkan berbagai konsep dan sistem layanan penyajian berbasis teknologi yang efisien dan praktis agar para pelanggan tertarik untuk mendatangi restorannya. Berikut ini beberapa tren teknologi yang dapat diterapkan dalam industri F&B.

1. Menu Berbentuk Tablet

Di beberapa restoran saat ini sudah menggunakan tablet pintar sebagai menu yang ditaruh di setiap meja restoran. Penggunaan tablet ini membuat pemesanan makanan menjadi jauh lebih praktis dibandingkan harus menugaskan pramusaji untuk memberikan menu dan mencatat pesanan pelanggan. Selain praktis dan dapat memudahkan pemesanan makanan, penggunaan tablet ini juga dapat menarik minat pelanggan untuk datang karena keunikan dari cara memesan makanan di restoran tersebut.

2. Software Akuntansi 

Dalam perhitungan profit yang didapatkan oleh tempat makan ataupun restoran, biasanya dilakukan secara manual dengan kertas ataupun menggunakan excel. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, kini sudah mulai banyak pengusaha F&B yang mulai menggunakan sistem penghitungan profit di tempat usahanya. Penggunaan sistem akuntansi ini akan sangat membantu pengusaha dalam pencatatan segala pembayaran dan pengeluaran, sehingga mempermudah pengelolaan informasi penting pelanggan serta merekam seluruh transaksi yang terjadi tanpa kekeliruan. 

3. Aplikasi Pengelolaan Data Karyawan

Para pengusaha F&B pastinya mengetahui bahwa tingkat turnover karyawan yang bekerja di bidang ini cenderung tinggi. Maka akibatnya, divisi rekrutmen dan HR sering mengalami kesulitan dalam mengelola data karyawan, apalagi pada saat proses onboarding dilakukan. Padahal, data-data seperti kehadiran dan bonus bulanan yang didapatkan karyawan dapat digunakan sebagai tolak ukur kinerja karyawan.

Untuk memudahkan pekerjaan HR, para pengusahaa F&B harus menerapkan sebuah sistem pengelolaan data HR yang mumpuni. Salah satu sistem yang dapat digunakan adalah SmartPresence. SmartPresence merupakan salah satu software HR dengan solusi yang dapat membantu pengusaha F&B dalam mengelola data karyawan. Tertarik untuk mencoba SmartPresence? Segera daftarkan perusahaan kalian dan nikmati manfaatnya, dapatkan juga gratis uji coba selama 14 hari.

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.