fbpx
Perbedaan Insentif dan Bonus

Perbedaan Insentif dan Bonus yang Perlu Diketahui!

Pemberian bonus dan insentif kepada karyawan dapat mendorong motivasi kerja karyawan menjadi lebih baik lagi. Selain itu pemberian bonus dan insentif juga termasuk bentuk usaha perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan atas pekerjaan yang sudah dilakukan.

Baca Juga: Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Karyawan

Walau sifatnya tidak wajib bagi setiap perusahaan, akan tetapi pemberian bonus dan insentif  dapat menjadi inovasi perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan. Meski keduanya dianggap salah satu bentuk kompensasi oleh perusahaan, namun harus di pahami bahwa insentif dan bonus memiliki beberapa perbedaan.

Perbedaan Insentif dan Bonus

Walaupun sama-sama sebagai dana kompensasi yang diberikan perusahaan atas pekerjaan setiap karyawan, insentif dan bonus ini memiliki perbedaan dari cara pemberiannya. Insentif merupakan imbalan yang diberikan oleh perusahaan karena karyawan telah berhasil mencapai atau melebihi target yang ditetapkan oleh perusahaan. Insentif ini diberikan agar memacu kinerja setiap karyawan dalam meraih target yang diberikan oleh perusahaan. 

Sedangkan bonus adalah pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan kepada karyawan dari hasil keuntungan. Bonus ini juga berasal dari pencapaian target produksi atau lebih besar dari target normal perusahaan yang diberikan kepada karyawan. Besarnya pembagian bonus karyawan biasanya diatur berdasarkan kesepakatan.

Pada dasarnya, perbedaan ini tidak begitu berpengaruh pada nilai yang diberikan. Hanya saja ketentuan dari pemberian bonus dan insentif ini memiliki perbedaan yang sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Tujuan Pemberiannya

Insentif dan bonus karyawan diberikan perusahaan kepada seluruh karyawan berdasarkan kriteria pembayaran yang telah ditetapkan. Dalam pemberian insentif dan bonus kepada karyawan, pastinya memiliki tujuan yang juga menguntungkan perusahaan ke depan. Di antaranya :

  • Sebagai salah satu bentuk balas jasa yang berbeda dari yang lainnya dikarenakan hasil kerja yang berbeda pula.
  • Meningkatkan semangat kerja setiap karyawan untuk mencapai target berikutnya.
  • Meningkatkan produktivitas karyawan saat bekerja.
  • Salah satu bentuk rasa terima kasih perusahaan yang selalu membutuhkan karyawan untuk menjalankan rencana-rencana kerja perusahaan.
  • Mensejahterakan setiap karyawan dari segi menambah penghasilan.
  • Untuk mempertahankan karyawan yang berprestasi agar tetap berada dan loyal terhadap perusahaan.

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.