fbpx
Peran Komunikasi Bisnis

Peran Komunikasi Bisnis Pada Perusahaan

Komunikasi merupakan elemen yang penting untuk membentuk kehidupan bersosial yang lebih baik. Selain untuk menyampaikan pesan dan berguna bagi kegiatan sehari-hari, komunikasi juga memiliki peran penting dalam sebuah bisnis. Dengan komunikasi yang baik, pebisnis dapat menjual produk yang dimiliki dengan lebih baik dan juga bisa menghindari terjadinya kesalahpahaman antar kedua belah pihak.

Baca Juga: Apa Itu Manajemen Sumber Daya Manusia?

Komunikasi bisnis merupakan suatu proses pertukaran informasi suatu perusahaan dengan pihak internal maupun eksternal perusahaan. Sama halnya dalam kehidupan manusia, komunikasi membantu para pihak dalam perusahaan baik internal maupun eksternal saling memahami dan mencapai tujuan bersama. Dalam bisnis sendiri, ada tiga jenis komunikasi yang harus anda ketahui, yaitu:

Komunikasi Horizontal

komunikasi horizontal merupakan arah komunikasi dalam bentuk mendatar dimana komunikasi dilakukan oleh dua orang atau lebih yang memiliki level yang sama, jabatan yang sama, kedudukan atau posisi yang sama. Komunikasi ini dapat berlangsung dengan cara tatap muka, melalui media elektronik seperti telepon, atau melalui pesan tertulis.

Kelebihan dari komunikasi ini adalah akan terbentuknya suatu komunikasi yang santai dan tidak terlalu formal, sehingga apa yang ingin disampaikan dapat disampaikan dengan baik tanpa harus tertekan oleh jabatan atasan dan bawahan. Akan tetapi komunikasi horizontal juga dapat terhambat apabila ada kecemburuan sosial antara jabatan yang sama, kesalahpahaman, hambatan teknis, dan lain sebagainya.

Komunikasi Vertical

Komunikasi vertikal merupakan proses penyampaian informasi dari atasan kepada bawahan atau dari bawahan kepada atasan secara timbal balik. Fungsi komunikasi ke bawah digunakan pimpinan untuk melaksanakan kebijaksanaan, prosedur kerja, peraturan, instruksi, mengenai pelaksanaan kerja bawahan, menyampaikan pengarahan doktrinasi, evaluasi, dan teguran.

Kelebihan komunikasi secara formal yaitu :

  • Memberikan pengertian mengenai laporan prestasi kerja, saran, usulan, opini, permohonan bantuan, dan keluhan.
  • Memperoleh informasi dari bawahan mengenai kegiatan dan pelaksanaan pekerjaan bawahan dari tingkat yang lebih rendah.
  • Bawahan tentulah berharap agar ide, saran, pendapat, tanggapan maupun kritikannya dapat diterima dengan lapang dada, dan hati terbuka oleh pimpinan.

Komunikasi Diagonal

Komunikasi diagonal merupakan komunikasi yang berlangsung dari satu pihak kepada pihak lain dalam posisi yang berbeda, dimana kedua pihak tidak berada pada jalur struktur yang sama. Komunikasi diagonal merupakan pola komunikasi bisnis yang cukup unik karena agak menyimpang dari bentuk tradisional seperti komunikasi dari atasan ke bawahan, dari bawahan ke atasan, ataupun sesama pihak yang memiliki tingkatan sama.

Kelebihan dari komunikasi ini adalah akan terjalinnya pertukaran informasi antara pihak yang mempunyai wewenang yang berbeda tanpa terjadinya tekanan antara atasan dan bawahan, sehingga komunikasi yang terjalin akan lebih luwes dan flexible. Komunikasi diagonal dilakukan dengan memutus alur komunikasi yang ditentukan oleh organisasi, yang biasanya harus melewati prosedur dan tahapan tertentu.

Manfaat Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis bukan hanya bermanfaat bagi pemilik perusahaan atau manajer-manajer di perusahaan. Anda sebagai HR juga butuh komunikasi yang baik. Berikut beberapa manfaat komunikasi yang baik dalam perusahaan, antara lain :

Mengurangi kesalahpahaman
Hal pertama yang akan anda dapatkan dengan memiliki komunikasi bisnis yang baik adalah sikap saling mengerti antar unsur-unsur yang terkait, terutama bagi sumber daya manusia yang ada, baik dari pihak internal maupun eksternal. Dengan demikian, satu tim keseluruhan dapat cepat mengerti point yang ingin disampaikan dan kesalahpahaman dapat dihindari.

Meningkatkan produktivitas karyawan
Karena arus informasi berjalan dengan lancar, karyawan dan atasan pun lebih cepat untuk menerima laporan dan instruksi mengenai pekerjaan. Informasi yang lebih cepat dan cermat diterima membuat produktivitas menjadi meningkat antara atasan maupun bawahan dalam perusahaan.

Menguatkan sinergi antar divisi
Proses alur informasi tidak selalu melulu antar karyawan satu divisi dengan atasan. Komunikasi bisnis perusahaan juga melibatkan antar divisi yang harus memberikan informasi satu sama lain jika memang dibutuhkan. Informasi dalam komunikasi yang baik akan meningkatkan sinergi antar divisi dan memicu perusahaan semakin kuat menghadapi tantangan.

Proses kegiatan perusahaan semakin efektif dan efisien
Karena semakin kuat dan produktif, proses kegiatan perusahaan secara keseluruhan menjadi lebih efektif dan efisien dan mempermudah perusahaan untuk mencapai tujuan.

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.