fbpx
Work Life Balance

Pentingnya Work Life Balance Bagi Karyawan!

Kesibukan dan aktivitas kantor sehari-hari membuat karyawan lupa memberikan waktu untuk dirinya sendiri. Tak jarang karyawan memiliki kehidupan yang tidak sehat karena menjalankan aktivitas kerja sepanjang hari. Padahal menjaga Work Life Balance ini penting sekali, bukan hanya untuk sisi psikologis tetapi juga untuk sisi kesehatan juga.

Lalu Seberapa pentingnya Work Life Balance itu dan apa saja manfaatnya bagi karyawan?

Pengertian Work Life Balance

Work Life Balance jika diterjemahkan artinya keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan di luar kantor sehari-hari. Ada banyak definisi akademis dari Work Life Balance, namun secara sederhana ini adalah suatu kondisi di mana seorang pekerja bisa mengatur waktu yang baik (seimbang) antara pekerjaan di tempat kerja dengan kebutuhan pribadi, rekreasi, dan kehidupan berkeluarga.

Baca juga: Ini Dia Motivasi Kerja Untuk Kamu yang Sedang Lelah!

Oleh sebab itu sebagai karyawan, kedua hal ini harus bisa seimbang satu dengan yang lain. Jika karyawan tidak memiliki Work Life Balance yang baik kinerjanya cenderung merosot dan bisa merusak bidang kehidupan lainnya. Akan tetapi bila karyawan memiliki Work Life Balance yang baik maka produktivitas dan kinerja karyawan tersebut akan meningkat.

Manfaat Work Life Balance

Tak hanya meningkatkan produktivitas dan kinerja seorang karyawan saja, masih banyak lagi manfaat dari Work Life Balance yang bisa kita dapatkan, asal tahu cara mengaturnya.

1. Kerja lebih produktif

Tubuh manusia didesain oleh sang pencipta dengan sangat sempurna dan aAnda harus memperhatikan cara kerjanya. waktu 24 jam sehari pastinya anda membaginya menjadi 8 jam kerja, 8 jam aktivitas non kerja, dan 8 jam tidur. Usahakan Anda mengikuti pola yang sudah ada.

Hindari memaksakan lembur atau bekerja ekstra, karena semakin lama Anda bekerja, konsentrasi semakin menurun. Sebab semakin lama anda bekerja tentunya konsentrasi anda akan semakin menurun. Dengan pola kerja-aktivitas-tidur yang baik, Anda lebih produktif karena penggunaan energi sesuai dengan porsinya.

2. Lebih bahagia

Apakah Anda tahu bila anda bekerja dengan ritme yang benar dapat membuat Anda lebih mudah mencapai hasil yang diinginkan? Selain itu suatu pencapaian. Kepuasan batin yang dirasakan ketika mencapai atau menghasilkan sesuatu dengan baik bisa membawa efek penyembuhan yang sangat luar biasa untuk tubuh.

3.Kreatifitas Meningkat

Dalam hidup ini pastinya Anda pernah merasa lelah, atau tidak punya waktu untuk rekreasi atau berkumpul dengan teman dan keluarga, atau sedang mengalami masalah? Apakah Anda bisa menjadi rileks dan lebih kreatif? Tentu saja tidak, kan? Anda pasti akan merasa sedang mengalami kebuntuan otak atau susah berpikir.

Orang kreatif bebas dari hambatan-hambatan yang ada di pikirannya. Itulah mengapa penting sekali bagi Anda untuk menjaga keseimbangan antara kerja dan kehidupan anda yang lainnya.

4. Meningkatkan Hubungan Baik

Salah satu manfaat terpenting dalam Work Life Balance yaitu hubungan Anda dengan orang-orang sekitar. Tidak ada gunanya bila meraih kesuksesan saat di tempat kerja tetapi pulang ke rumah anda bertengkar dengan keluarga karena kurangnya waktu bersama. Maka dari itu, lakukan yang terbaik di dalam menciptakan keseimbangan dan di dalam seluruh aspek kehidupan anda.

 

 

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.