fbpx
Pentingnya Penilaian Kinerja

Pentingnya Penilaian Kinerja pada Perusahaan!

Pada artikel sebelumnya tentang Apa Itu Performance Appraisal? menyebutkan bahwa penilaian kinerja adalah evaluasi yang sistematis terhadap kinerja dan kemampuan karyawan, sehingga dapat merencanakan pengembangan karir lebih lanjut bagi karyawan yang bersangkutan. Disana juga sudah menjelaskan tujuan dan tahap-tahap yang harus dilakukan untuk melakukan penilaian kinerja.

Baca juga: Memahami Apa Itu KPI dan OKR Untuk Tujuan Bisnis

Akan tetapi seberapa pentingnya melakukan penilaian kinerja dalam sebuah perusahaan dan apa saja manfaatnya? Berikut ini penjelasannya.

Pentingnya Penilaian Kinerja

Penilaian kinerja dapat memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengambil tindakan-tindakan perbaikan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja melalui feedback yang diberikan oleh perusahaan.Hasil dari penilaian kinerja nantinya dapat digunakan sebagai informasi dalam menentukan kompensasi secara layak sehingga karyawan dapat memotivasi pegawai.Hasil dari penilaian kinerja tersebut tentunya dapat digunakan untuk menentukan program pelatihan dan pengembangan yang lebih efektif.

Membantu pegawai mengatasi masalah eksternal dengan penilaian kinerja, maka atasan akan mengetahui apa yang menyebabkan terjadinya unjuk kerja yang jelek sehingga atasan dapat membantu mengatasinya. Dengan melakukan Umpan balik pada pelaksanaan fungsi manajemen sumber daya manusia, yaitu dengan diketahuinya untuk kerja karyawan secara keseluruhan dapat menjadi informasi sejauh mana fungsi sumber daya manusia berjalan baik atau buruk.

Manfaat Penilaian Kinerja

Melakukan penilaian kinerja dalam sebuah perusahaan maka semua pihak yang terlibat dari penilaian ini akan merasakan manfaat dari hal tersebut. Bagi orang yang berkecimpung di dalam sebuah manajemen sumber daya manusia tentu saja keberadaan dari penilaian ini sangat penting. Berikut ini beberapa manfaat penilaian kinerja:

  • Memberikan informasi tentang hasil yang diinginkan dari sebuah pekerjaan
  • Bisa mencegah terdapatnya miskomunikasi berkaitan dengan kualitas kerja yang diinginkan.
  • Menciptakan peningkatan produktivitas karyawan sebab ada feedback atau umpan balik untuk karyawan yang berprestasi
  • Menghargai setiap kontribusi
  • Membuat komunikasi dua arah antara pihak manajer dengan karyawan

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.