fbpx
interpersonal skill

Pentingnya Interpersonal Skill Bagi Karyawan!

Dalam dunia pekerjaan, yang diunggulkan bukan hanya intelligence quotient (IQ) namun juga dibutuhkan interpersonal skill. Bagi beberapa perusahaan, interpersonal skill lebih dibutuhkan dalam berkomunikasi dan sering dijadikan syarat utama perusahaan dalam menerima karyawan. Sebelum memasuki lebih dalam tentang interpersonal skill, mari kita kenali dulu definisi dari interpersonal skill Interpersonal Skill (keterampilan interpersonal) adalah kecakapan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam hubungannya dengan orang lain, kecakapan atau keterampilan untuk berkomunikasi baik verbal maupun non verbal. Dalam dunia pekerjaan maka interpersonal skill dapat dikaitkan dengan  kemampuan seseorang secara efektif untuk berinteraksi dengan orang lain maupun dengan rekan kerja, seperti pendengar yang baik, menyampaikan pendapat secara jelas dan bekerja dalam satu tim.

Baca Juga: 8 Keterampilan Dasar Yang Perlu Dimiliki Karyawan

Peranan penting interpersonal skill

Keterampilan interpersonal mempunyai peranan yang sangat penting guna mencari kesuksesan. Terkait dengan hal ini, interpersonal skill terbagi atas beberapa hal yaitu :

Keterampilan mendengar

Komponen terpenting dari komunikasi adalah mendengar. Maksudnya adalah tidak hanya mendengar secara harfiah dengan alat pendengaran atau telinga saja, melainkan mampu mencerna serta menterjemahkan maksud dari pemberi pesan atau orang yang mengajaknya berbicara. Keterampilan mendengar sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, sebagai karyawan misalnya saat berhadapan dengan client dapat memudahkan untuk berkomunikasi dan memahami keinginan client.

Keterampilan dalam memberikan umpan balik atau providing feedback

Umpan balik merupakan suatu interpersonal skill dalam bentuk ketrampilan seseorang untuk memahami segala dampak atas perilaku terhadap diri sendiri dan orang lain. Misalnya ketika berbicara sesuatu akan menimbulkan sakit hati atau sebaliknya membuat orang lain menjadi senang. Seorang karyawan haruslah mampu menyampaikan informasi atau pesan dengan tuturan bahasa serta kalimat yang baik sehingga pesan tersebut mudah dipahami dan dimengerti pendengar dan penerima pesan, tanpa menimbulkan kesalah pahaman yang berpotensi menyinggung atau menyakiti hati lawan bicara.

Keterampilan membujuk atau persuading.

Dalam hal ini seseorang harus dapat memberikan pengertian atau bujukan pada orang lain. Sehingga orang tersebut bersedia mengikuti kehendak maupun keinginan dari orang yang mengajaknya secara sukarela. Dalam dunia kerja, skill satu ini akan sangat diperlukan bagi seorang karyawan marketing untuk dapat menarik minat pelanggan dan meningkatkan pemasaran produk dari suatu perusahaan.

Keterampilan memecahkan masalah atau resolving conflict.

Keterampilan ini adalah kemampuan menyelesaikan masalah ketika sedang mendapatkan konflik dan masalah dengan orang lain. Tidak dapat dipungkiri di lingkungan kerja akan berhadapan dengan berbagai tantangan kerja yang tidak jarang akan menimbulkan konflik. Oleh karena itu dengan memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah dengan cepat akan meminimalisir timbulnya konflik dan rasa stres dalam bekerja.

Manfaat memiliki interpersonal skill

Selain itu interpersonal skill juga bisa dijadikan sebagai media untuk mendapatkan kesuksesan. Seseorang yang memiliki ketrampilan interpersonal yang baik pasti bisa memperoleh posisi atau jabatan lebih tinggi dibanding yang tidak memilikinya. Ketika menjalankan bisnis sendiri, relasi makin mudah diperoleh.

Memiliki interpersonal skill juga untuk membentuk citra diri. Kemampuan dan kepandaian serta kemahiran saat berkomunikasi akan membuat seseorang selalu dianggap oleh orang lain sebagai sosok yang baik. Melalui kemampuan berkomunikasi yang baik, masalah yang seringkali terjadi di lingkungan kerja, lingkungan pergaulan dan komunitas sosial lainnya bisa terselesaikan tanpa menimbulkan masalah baru.

Nah, itulah beberapa paparan tentang tips meng-interpersonal skill kamu, semoga kamu menjadi seseorang yang dapat mengimplementasikan diri dengan sangat baik dan dapat berguna untuk memaksimalkan pekerjaanmu.

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.