fbpx
Struktur Fungsional

Manfaat Menggunakan Struktur Organisasi Fungsional

Penting kiranya untuk sebuah perusahaan memiliki struktur organisasi perusahaan agar memudahkan koordinasi dalam mencapai target. Pada artikel sebelumnya juga sudah dijelaskan mengenai pentingnya sebuah struktur organisasi pada perusahaan dan jenis-jenis struktur organisasi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Pada artikel kali ini akan membahas lebih dalam tentang salah satu struktur organisasi yaitu struktur organisasi paling lazim digunakan dalam perusahaan adalah struktur organisasi fungsional.

Baca juga: Pentingnya Struktur Organisasi Bagi Perusahaan

Pengertian Struktur Fungsional

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa struktur organisasi fungsional merupakan struktur organisasi yang paling umum. Dimana pada struktur ini organisasi atau perusahaan akan mengelompokkan karyawan menurut serangkaian peran dan tugas khusus yang sama, struktur ini beroperasi sangat baik di lingkungan yang stabil dimana strategi bisnis cenderung tetap tanpa adanya perubahan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa struktur ini merupakan struktur organisasi yang terdiri dari orang-orang dengan kemampuan, keterampilan, dan skill yang sama, untuk melakukan tugas-tugas yang sama, yang selanjutnya dikelompokkan dalam beberapa unit kerja.

Apabila penerapan struktur ini dilakukan dengan benar, maka sebenarnya perusahaan dapat menekan biaya operasional yang dikeluarkan. Akan tetapi, struktur organisasi ini memiliki kelemahan dalam hal penyampaian informasi antara orang per orang ke dalam tim dan begitu juga sebaliknya. Namun, bagi yang ingin menerapkan struktur organisasi ini dalam perusahaan, jangan khawatir, karena masih banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menerapkan struktur organisasi jenis ini.

Manfaat Struktur Fungsional

Semua struktur organisasi pastinya memiliki kelemahan, walaupun memiliki kelemahan pasti ada manfaat yang dimiliki oleh masing-masing struktur organisasi begitu juga dengan struktur organisasi fungsional. Seperti halnya manfaat dari struktur fungsional yang dapat digunakan pada organisasi kecil hingga organisasi berskala besar seperti perusahaan. Tak hanya itu, banyak lagi manfaat dari struktur organisasi fungsional yang di dapat oleh organisasi ataupun perusahaan yang menggunakannya. Berikut ini beberapa manfaat dari struktur organisasi fungsional:

1. Spesialisasi

Pada struktur organisasi fungsional, sebuah perusahaan dibagi menjadi banyak departemen berdasarkan kegiatan utama yang dijalankan. Setiap departemen akan dipimpin oleh seorang manajer yang ahli di bidangnya masing-masing. Hal Inilah yang membuat pekerjaan yang dihasilkan jauh lebih banyak, efisien, dan bisa selesai lebih cepat.

2. Terbentuknya Koordinasi

Dalam struktur organisasi fungsional, semua orang yang bekerja dalam satu departemen adalah mereka yang ahli (spesialis) pada bidang tersebut. Itu sebabnya, koordinasi dari setiap departemen menjadi mudah terbentuk dan dapat ditingkatkan.

 3. Efisiensi Manajerial Mengalami Peningkatan

Struktur organisasi fungsional dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi bagian manajerial di karena pekerjaan yang dilakukan sama dan dilakukan secara berulang. Hal inilah yang memungkinkan terjadinya peningkatan nilai laba atau keuntungan bagi perusahaan.

4. Meminimalisasi Terjadinya Duplikasi Fungsi atau Tugas dalam Perusahaan

Dalam jenis organisasi ini, duplikasi fungsi atau tugas akan jarang terjadi. Sebagai contoh, departemen keuangan hanya akan mengurusi fungsi dan masalah keuangan. Departemen yang lain tidak perlu mengurusi masalah finansial. Dengan begitu, pemanfaatan sumber daya manusia dapat dialihkan ke pekerjaan yang lain secara lebih efektif.

5. Pelatihan Difasilitasi

Karena setiap karyawan dalam departemen perusahaan memiliki fokus pada keterampilan yang terbatas, maka karyawan yang bersangkutan akan mendapatkan fasilitas pelatihan dari perusahaan jika suatu saat ada kebijakan terbaru yang menyangkut dengan hukum dan peraturan perundang-undangan tentang ketenagakerjaan.

6. Kecepatan Dalam Melakukan Operasional

Pada umumnya. Seorang manajer senior akan menangani masalah lebih cepat daripada seseorang yang masih kurang pengalaman. Demikian pula pada saat melatih karyawan baru, maka seorang manajer senior akan lebih cepat mendelegasikan tugas-tugasnya kepada karyawan yang bersangkutan. Inilah yang akhirnya mempercepat kegiatan operasional dalam perusahaan.

7. Kejelasan

Karena struktur organisasi fungsional memisahkan tenaga kerja sesuai dengan fungsinya, maka pemberian tanggung jawab organisasi dan alokasi tugas masing-masing bagian akan semakin jelas.

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.