fbpx
Software HRIS

Jenis-Jenis Software HRIS

Mengelola sumber daya manusia pada sebuah perusahaan tertentu membutuhkan keahlian khusus dari personil HRD yang ada. HRD sebagai divisi paling bertanggung jawab, memiliki beban yang berat untuk memastikan setiap proses pengelolaan berjalan dengan baik dan berhasil. Maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan software HRIS yang dapat membantu proses tersebut.

Baca juga: Pengertian HR software dan Manfaat Bagi Bisnis

Pada umumnya software HRIS digolongkan menjadi 3 yaitu HRIS, HCM, dan HRMS. HRIS merupakan software yang berfungsi untuk mengelola sumber daya manusia, kebijakan, dan prosedur perusahaan. HCM merupakan software yang mencakup fungsi dari HRIS, manajemen talenta, dan kemampuan global. HRMS merupakan software yang mencakup semua fungsi HRIS dan HCM, serta manajemen waktu.

Namun di Indonesia sendiri ada tiga jenis software HRIS yang paling banyak dicari oleh perusahaan untuk mengelola kebutuhan HR berdasarkan fungsinya. Tiga tipe software HRIS berdasarkan fungsinya, antara lain:

  1. Software HRIS Operasional
    Jenis HRIS yang pertama adalah operational HRIS. Software HRIS Operasional merupakan software HRIS dengan pilihan modul terintegrasi untuk mengelola kebutuhan HR hanya dalam lingkup operasional, mulai dari administrasi karyawan, sampai ke pengelolaan absensi dan payroll atau penggajian. Sistem ini memungkinkan manajer untuk melihat keseluruhan data karyawan termasuk posisi masing-masing dan juga peraturan pemerintah terkait ketenagakerjaan.
  2. Software HRIS Tactical
    Software HRIS Tactical merupakan software HRIS dengan pilihan modul terintegrasi untuk mengelola kebutuhan HR dalam manpower planning, recruitment, dan training / development. Jenis HRIS ini akan mendukung perusahaan dengan menyediakan data yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan. Misalnya informasi dari supervisor, karyawan, serikat pekerja, peraturan pemerintah, kompetitor dan lainnya.
  3. Software HRIS Strategic
    Software HRIS Strategic adalah software HRIS dengan pilihan modul terintegrasi yang membantu perusahaan menyelaraskan strategi perusahaan dengan karyawannya. ujuan utama dari jenis HRIS ini adalah mengetahui dengan jelas mengenai SDM dan perencanaan pekerjaannya secara keseluruhan.

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.