fbpx
Bahaya Akibat Salah Hitung Absensi.

Ini Dia Bahaya Akibat Salah Hitung Absensi!!!

Masih banyak perusahaan yang ada di indonesia belum menerapkan sistem absensi yang terintegrasi dengan baik. Padahal laporan kehadiran karyawan tak hanya bermanfaat sebagai pelengkap laporan HR bulanan, data kehadiran karyawan sebetulnya merupakan informasi penting yang berguna dalam upaya pengembangan perusahaan.

Bila perusahaan hanya memiliki sedikit karyawan mungkin perhitungan absensinya tidak akan terjadi kesalahan. Akan tetapi jika perusahaan memiliki banyak karyawan dan bekerja mobile atau berpindah-pindah, maka perhitungan absensinya pasti akan jauh lebih susah dan ada kemungkinan terjadinya salah hitung absensi.

Baca Juga: Mudahnya Mengatur Jadwal Kerja Dengan SmartPresence

Lalu apakah anda menyadari dampak yang akan muncul ketika terjadi kesalahan perhitungan data kehadiran karyawan pada perusahaan?

Tidak Dapat Mengevaluasi Kinerja Karyawan Dengan Akurat

Setiap perusahaan tentu memiliki aturan mengenai rentang waktu kerja untuk karyawannya. Penentuan waktu kerja bertujuan untuk menciptakan ritme kerja yang efektif. Membiasakan karyawan untuk datang tepat waktu tentu membuat karyawan menjadi produktif saat bekerja. Hal ini pun turut mempertimbangkan waktu khusus untuk istirahat makan siang.

Entah dengan absensi online atau metode lainnya, tiap karyawan yang hadir di kantor harus mencatatkan kehadirannya setiap hari. Termasuk apabila karyawan mengalami keterlambatan. Informasi tersebut sangat penting, lantaran idealnya karyawan wajib untuk senantiasa disiplin dan patuh pada waktu kerja yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

Informasi kehadiran dan keterlambatan karyawan pada umumnya merupakan bahan evaluasi untuk karyawan perusahaan. Dengan memahami skema ketidakhadiran maupun keterlambatan karyawan, perusahaan bisa lebih memahami persoalan yang mereka alami. Artinya, kesalahan perhitungan absensi karyawan dapat membuat evaluasi kinerja karyawan menjadi tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya di lapangan.

Ketimpangan Perlakuan terhadap Karyawan

Apabila karyawan sering terlambat atau membolos tanpa alasan, pastinya perusahaan tidak akan segan untuk memberikan sanksi. Sanksi yang diberikan oleh perusahaan biasanya dapat berupa pemotongan gaji, pemberian surat peringatan, bahkan hingga pemutusan hubungan kerja.

Jika karyawan Anda sebetulnya selalu hadir tepat waktu namun data kehadirannya tidak tercatat. Belum lagi apabila karyawan telah bersedia untuk lembur demi mendapat tunjangan tambahan, akan tetapi lupa untuk catatnya. Maka hal ini akan berpengaruh terhadap salary yang akan didapatkan oleh karyawan tidak sesuai dengan usaha yang diberikannya bagi perusahaan.

Hal itu dapat saja terjadi jika HR salah hitung absensi dan dapat membuat karyawan merasa tidak dihargai oleh perusahaan. Padahal, pemberian kompensasi yang sepadan dapat meningkatkan produktivitas karyawan.

Kredibilitas Perusahaan Menurun

Kredibilitas perusahaan tentu dinilai dari seberapa mampu perusahaan tersebut menjalankan kebijakannya sendiri. Dalam hal ini mencakup upaya untuk menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban karyawannya.

Kesalahan dalam menghitung kehadiran dan keterlambatan pada akhirnya menurunkan kepercayaan karyawan terhadap perusahaan itu sendiri. Apabila karyawan merasa bahwa perusahaan tempatnya bekerja tidak dapat menjaga kredibilitas, tentu saja karyawan tersebut enggan untuk memaksimalkan kinerjanya. Maka hal tersebut dapat menghambat perkembangan perusahaan lantaran kinerja karyawan tidak dapat dimaksimalkan.

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.