fbpx

KSP Sila Mukti! Menggunakan SmartPresence

Dengan sistem kehadiran SmartPresence, KSP Sila Mukti dapat rekam absensi karyawan secara mobile
dan memberikan akses informasi kehadiran kepada kearyawan dan manajemen serta stakeholder.

Data Perusahaan

Link FB Community

 

Akomodasi SmartPresence

DataCapture Siswa : 53 set
Data Karyawan Terdaftar : 53 orang (02/2018)

 

Koperasi Simpan Pinjam Sila Mukti

KSP Sila Mukti berlokasi di Br Dinas Batumadeg, Besakih, Rendang, Karangasem, Bali. Memiliki beberapa cabang operasional di beberapa tempat. Dengan bentuk koperasi dan bisnis simpan pinjam, perusahaan ini beroperasi di wilayah Kab. Karangasem, Bangli, Klungkung dan Gianyar. Untuk menghadapi ketatnya kompetisi telah meningkatkan layanan produk pinjamnnya, meratakan distrbusi channel yaitu memperluas pelayanan dan ekspansi jaringan, serta penerapan produk IT.

Penggunaan SmartPresence Untuk

KSP Sila Mukti dengan komitmen untuk meningkatkan SDM dan dukungan TI nya serta ekspansi wilayahnya membutuhkan sistem kehadiran yang mendukung kompatibilats mobile. Persebaran wilayah dan jaringan menuntut karyawan untuk berada jauh dari kantor utamanya. Untuk itu penesuluran waktu dan kehadiran dengan informasi lokasi GPS sangat dibutuhkan. Serta rekam absensi di lokasi tertentu mutlak dibutuhkan. Untuk itu digunakanlah SmartPresence.

Penerapan SmartPresence

Dimulai dari proses rekam absensi, KSP Sila Mukti menggunakan 53 set perekam data. Yang dipegang oleh masing-masing karyawan. Setiap perangkat tersebut terinstal app DataCapture. Setiap perekam digunakan secara mobile tidak KiosK. Beberapa perangkat dibatasi dengan atribut kepegawaian, yang artinya hanya orang dengan atribut tersebut saja yang dapat rekam absensi. Persentase pengenalan kemiripan pola wajah adalah 60%, tingkat konfirmasi diset 60% artinya tidak diijinkan adanya validasi pengenalan wajah yang diragukan masuk ke notifikasi, jadi bila gagal memenuhi kesamaan pola sampai pada 60 persen rekam absensi ditolak.

Untuk validasi lokasi terdapat 9 titik posisi melakukan absensi. Rata-rata semua pegawai memliki atribut Lokasi. Yang artinya walaupun diijinkan rekam absensi mobile, posisi rekam harus dalam radius yang telah ditentukan. Set radius dari titik lokasi adalah 500 meter. Apabila tidak dalam radius rekam masih diijinkan namun akan masuk notifikasi, apabila diterima maka rekam menjadi log presensi terhitung atau sebaliknya.

Untuk penelusuran waktu dan kehadiran diserahkan kepada masing-masing supervisor di cabang dan pusat, terdapat 3 batasan akses untuk masing-masing pegawai di setiap kantor, artinya setiap supervisor kehadiran hanya dapat melihat atau melakukan operasional data untuk karyawan dengan atribut dalam batasannya saja. Penelusuran waktu dan kehadiran melalui aplikasi dasbor atau web dasbor.

Untuk laporan digunakan untuk analisa kehadiran dalam setiap bulannya atau dalam rentang waktu tertentu yang dipilih. Penggunaan laporan dan ekspor laporan digunakan untuk data penggajian. Jenis laporan yang digunakan adalah Ekspor Rekapitulasi dan Laporan Per Tanggal serta laporan Per Pegawai.