fbpx

Download dan Install SmartPresence Data Capture

Download dan Install SmartPresence Data Capture

Daftar Isi

SmartPresence Data Capture adalah aplikasi yang digunakan untuk merekam data presensi. Aplikasi ini hanya dapat berjalan di smartphone Android ataupun iOS. Untuk penggunaan aplikasi ini dapat diunduh oleh masing-masing pegawai, atau perusahaan dapat menyediakan satu smartphone yang nantinya akan di install SmartPresence Data Capture dan digunakan oleh semua pegawai (model KiosK). Berikut cara menggunakan SmartPresence Data Capture.

Download dan Install

Pertama Anda dapat mengunduh aplikasi Smart Presence Data Capture melalui Playstore Ataupun Appstore terlebih dahulu dengan kata kunci “SmartPresence Dcap”.

Mendaftarkan Mesin

Sebelum digunakan untuk merekam presensi, SmartPresence Data Capture yang sudah di install pada smartphone, harus didaftarkan terlebih dahulu melalui SmartPresence Dashboard. Berikut ini cara mendaftarkan SmartPresence Data Capture:

  1. Pastikan Anda telah login dan telah memilih perusahaan pada SmartPresence Dashboard.
  2. Kemudian klik menu “Data Induk”, lalu pilih menu “Presensi” dan terakhir klik menu “Mesin” pada versi web atau “Rekam Data” pada versi mobile apps.
  3. Setelah Anda masuk pada menu mesin, Anda harus menambahkan data mesin sebelum melakukan aktivasi. Mesin yang dimaksud adalah smartphone yang sudah ter-install SmartPresence Data Capture. Untuk menambahkan data mesin Anda dapat memilih tombol “Tambah Data” pada versi web dan tekan tanda “+” pada versi mobile apps.
  4. Lengkapi informasi mesin yang akan dibuat, seperti :
    – Nama : Nama dari mesin yang akan dibuat
    – Jenis  : Merupakan pilihan jenis perangkat apa yang Anda gunakan seperti smartphone atau mesin finger print. Karena di sini menggunakan smartphone maka pilih smartphone.
    – Cek Jam Server : Merupakan pengaturan yang memastikan bahwa SmartPresence Data Capture akan melakukan pencocokan jam pada smartphone dengan jam server. Sehingga tidak akan terjadi kecurangan saat presensi. Di sini Anda akan diminta untuk memilih opsi “Ya” untuk mengaktifkan fitur cek jam server atau memilih “Tidak” untuk tidak mengaktifkannya.
    – UTC Default : Merupakan pengaturan menentukan zona waktu yang digunakan oleh SmartPresence Data Capture. Anda akan diminta untuk memilih opsi “Ya” atau “Tidak”.  Jika Anda memilih “Ya” maka zona waktu yang Anda gunakan adalah zona waktu yang secara default yaitu +08:00. Jika memilih “Tidak” maka Anda diminta untuk memilih UTC secara manual sesuai dengan lokasi Anda atau pegawai yang menggunakan SmartPresence Data Capture tersebut. Untuk cara mengubah UTC default sistem klik di sini.
    – Fix GPS :
    – Deteksi Ekspresi :
    – Izinkan Pendaftaran : Memberikan akses mesin itu untuk bisa digunakan pada proses pendaftaran sampel wajah
    – Rangkai Salindia : Mengizinkan mesin itu menampilkan gambar bergerak seperti iklan dan lainnya pada saat mesin tidak digunakan
    – Opsi Kamera : Pengaturan penggunaan kamera saat melakukan presensi. Anda dapat memilih kamera mana yang akan digunakan untuk melakukan presensi.
    – Pilihan Dapatkan ID : Merupakan pengaturan validasi pertama SmartPresence Data Capture. Anda dapat memilih menggunakan validasi secara default yaitu PIN, atau memilih daftar pegawai dan validasi otomatis,  atau langsung menggunakan validasi wajah.
    – Atribut : Pengaturan yang menentukan pegawai dengan atribut tertentu saja yang bisa melakukan presensi di mesin tersebut. Jika Anda ingin agar semua pegawai dapat melakukan presensi pada mesin tersebut maka bagian atribut dikosongkan. Jika Anda ingin menambahkan atribut klik di sini.
  5. Bila sudah mengisi semua informasi mesin tekan tombol “Simpan” pada versi web dan pada versi mobile apps tekan “√” untuk menyimpan data yang telah dibuat.

Aktivasi Data Capture

Setelah mendaftarkan mesin barulah Anda dapat melakukan aktivasi SmartPresence Data Capture. Berikut langkah-langkah untuk melakukan aktivasi:

  1. Masuk pada menu Data Induk > Presensi > Mesin
  2. Tekan tombol pada versi web atau tekan nama mesin dan pilih pada versi mobile
  3. Isi kode 4 digit yang muncul pada aplikasi Data Capture, untuk mendapatkan kode verifikasi balasan.
  4. Masukan 8 digit kode verifikasi pada aplikasi Data Capture.

Setelah daftarkan perangkat pertama kali maka akan ditanya untuk perizinan beberapa fitur dari smartphone seperti :

  • Mengizinkan mengakses kamera
  • Mengizinkan mengakses GPS
  • Mengizinkan kirim pesan MMS

Seperti yang terlihat pada gambar sebelah kiri. Setelah semua pengaturan perizinan telah terizinkan maka aplikasi Data Capture bisa digunakan.