fbpx
jobdesk marketing

Apa Saja Jobdesk Marketing?

Karyawan yang bekerja disebuah perusahaan, tentu memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing atau yang biasanya disebut dengan job description. Job description adalah suatu pernyataan secara tertulis yang menjelaskan tentang tugas, peran dan wewenang seorang karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya. Dengan adanya job description akan memudahkan karyawan menjalankan tugasnya dan mencapai tujuan perusahaan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesusksesan sebuha perusahaan adalah dalam hal penjualan. Ketika perusahaan mampu mencapai tingkat penjualan yang tinggi tentu akan menghasilkan  keuntungan yang besar. Nah, peran terpenting yang diperlukan untuk memenuhi pencapaian tersebut adalah dengan adanya tim Marketing. Tim Marketing mempunyai peran untuk menghubungkan pelanggan, karyawan dan perusahaan. Marketing menjadi salah satu peran penting dalam kemajuan dan kemunduran perusahaan.

Baca Juga: Cara Efektif Menyusun Job Description

Secara umum tugas dari marketing adalah memasarkan produk (barang maupun jasa) agar dapat dikenal oleh target pelanggan khususnya dan masyarakat luas umumnya. Oleh karena itu marketing juga dekat dalam kehidupan sehari-hari karena mereka di tugaskan langsung ke lingkungan masyarakat untuk menarik calon pelanggan agar tertarik untuk membeli produk yang di pasarkan.

Orang-orang yang bekerja di bidang marketing haruslah orang yang  berkompeten dan mampu menarik perhatian masyarakat dengan gaya bahasa dan taktik penjualannya. Selain menarik pelanggan masih ada beberapa job description lainnya yang harus dilaksanakan karyawan marketing. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini merupakan marketing job description dalam perusahaan:

Merencakan Suatu Produk

Karyawan yang ada pada bagian marketing harus bisa untuk merencanakan produk yang akan di jual. Bagian marketing bisa masuk ke pasar untuk mengamati keadaan pasar. Dengan begitu akan memudahkan untuk mengetahui apa saja yang menjadi minat masyarakat terhadap produk tertentu. Hal ini sangat bagus untuk mengetahui informasi dan mulai memproduksi barang yang diperkirakan akan laris di pasaran.

Menentukan Harga

Jika sudah memiliki produk untuk di pasarkan, langkah selanjutnya adalah menentukan harga jual. Bagian marketing bisa mencari tahu terlebih dahulu berapa kisaran harga yang cocok untuk di jual di lingkungan masyarakat entah harga yang sama dengan produk lainnya atau yang mendekati harga rata-rata produk di pasaran. Strategi yang bagus adalah menjual dengan harga rendah dulu agar menarik minat pelanggan, ketika produk tersebut sudah laris dan memiliki tingkat penjualan tinggi tentu tidak masalah jika menaikkan harga, karena pasti akan tetap laku.

Merencanakan Promosi Produk

Agar produk perusahaan bisa dikenal oleh banyak orang, tentu harus melakukan promosi. Zaman sekarang ada banyak cara untuk mengenalkan produk ke masyarakat mulai dari iklan televisi, media cetak ataupun di internet. Selain itu, memberikan diskon pada produk, voucher atau giveaway akan lebih menarik perhatian masyarakat untuk membeli.

Merencanakan Distribusi

Bagian marketing juga bertugas untuk melakukan proses distribusi produk ke pelanggan. Karena itu harus di rencanakan bagaimana proses distribusinya. Semakin cepat produk sampai ke pelanggan tentu, tentu tidak akan membuatnya kecewa. Feedback yang bagus dari pelanggan akan menambah citra perusahaan menjadi semakin baik.

Melayani Pelanggan dengan Baik

Sebagai orang yang berada di bagian marketing harus memiliki sikap yang ramah kepada semua orang. Pelayanan yag baik adalah hal utama agar bisa menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk yang di pasarkan. Agar dapat memberi pelayanan dengan baik, seorang marketing bisa mempelajari beberapa tips untuk melayani pelanggan seperti menyapa dengan cara yang ramah, membantu permasalahan pelanggan dan berbagai lainnya yang bisa di pelajari sendiri.

Beberapa  marketing job description diatas adalah tugas mendasar yang harus dikuasai seorang karyawan marketing. Dengen mengetahui marketing job description, anda akan tahu lebih banyak tentang pekerjaan di bidang yang satu ini dan dapat menjadi seorang karyawan marketing yang handal.

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.