fbpx
Pengembangan SDM Perusahaan

Apa Itu Pengembangan SDM Perusahaan?

Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan salah satu upaya perusahaan dalam membentuk karyawan yang berkualitas dengan memiliki keterampilan, kemampuan kerja serta loyalitas kerja kepada perusahaan.  Pada dasarnya pengembangan SDM tidak hanya dilakukan melalui pendidikan dan pengembangan keterampilan karyawan saja. Namun banyak cara dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengembangkan SDMnya.

Baca juga: Apa Itu Manajemen Sumber Daya Manusia?

Lalu apa sajakah yang harus dilakukan untuk mengembangkan SDM? Sebelum mengetahui hal tersebut akan kita ulas tentang apa itu pengembangan SDM terlebih dahulu.

Pengertian Pengembangan SDM

Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) adalah kerangka kerja untuk membantu karyawan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan pribadi dan organisasi. Pengembangan SDM pada sebuah perusahaan akan dimulai dari proses onboarding, pengadaan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dengan kelas atau kursus dan seminar, penyediaan tool yang bisa membantu pekerjaan karyawan dan sebagainya. Pengembangan sumber daya manusia sangat penting untuk setiap organisasi yang ingin menjadi dinamis dan berorientasi pada pertumbuhan.

Tujuan Pengembangan SDM

Tujuan pengembangan Sumber Daya Manusia secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas para pekerja atau manusia melalui program pendidikan dan pelatihan agar menciptakan sebuah produk yang berkualitas dan mampu memajukan perusahaan atau organisasi.

Yang menjadi fokus dalam pengembangan ini adalah pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki setiap individu harus mumpuni dan hasil pekerjaan setiap individu dan kelompok harus diperhatikan untuk mencapai potensi kerja secara maksimal.

Strategi Pengembangan SDM

Dalam melakukan pengembangan SDM yang baik pastilah perusahaan tersebut harus memiliki strategi yang tepat. Berikut beberapa strategi pengembangan SDM yang  dapat dilakukan oleh perusahaan.

  1. Memberi kesempatan kepada karyawan untuk menyalurkan ide dan gagasan
    Karena di dalam suatu perusahaan, karyawan juga berkontribusi dalam mengembangkan perusahaan atau sebagai roda penggerak suatu perusahaan. Sehingga ide dan gagasan dari setiap karyawan juga perlu didengarkan dan dipertimbangkan.
  2. Memberi penghargaan.
    Disini memberikan penghargaan kepada karyawan bertujuan untuk membuat karyawan lainnya agar termotivasi untuk dapat menjadi lebih baik. Hal tersebut nantinya akan memberikan kontribusi besar terhadap perusahaan dalam mengembangkan perusahaan.
  3. Mengadakan pelatihan.
    Ada beberapa jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang dapat dilakukan. Diantaranya adalah skill training, retraining atau pelatihan ulang, cross functional training, team training, dan creativity training.

 

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.