fbpx
Negosiasi Gaji

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Negosiasi Gaji

Negosiasi gaji adalah satu dari banyak hal yang harus dilakukan sebagai calon karyawan pada saat interview kerja ataupun pada saat Anda sebagai karyawan dipromosikan untuk naik jabatan. Sering kali melakukan negosiasi gaji menjadi sebuah dilema bagi para karyawan. Dan pada akhirnya hanya beberapa karyawan yang melakukan negosiasi gaji mereka dan sisanya tidak pernah menanyakan soal kenaikan gaji, dengan alasan takut.

Baca Juga: Pentingnya Kenaikan Gaji Berkala Pada Perusahaan!

Walaupun perasaan takut memang suatu hal yang wajar, akan tetapi Anda memiliki hak untuk negosiasi gaji yang memang sesuai. Dalam melakukan negosiasi dengan perusahaan untuk mendapatkan gaji yang sesuai, Anda bisa melakukannya hanya dengan modal kecakapan dan juga kemampuan yang Anda miliki. Berikut ini beberapa cara yang efektif dalam melakukan negosiasi gaji dengan perusahaan.

Cari Informasi Mengenai Standar Gaji

Sebelum mengajukan atau menerima tawaran kenaikan gaji, ada baiknya Anda perlu melakukan riset atau mencari informasi mengenai standar gaji di lokasi tempat kerjamu. Anda dapat mencari tahu berapa besarnya gaji yang mampu dibayarkan oleh perusahaan dan gaji profesi sejenis di perusahaan-perusahaan lain.  Nantinya informasi standar gaji ini akan berfungsi sebagai dasar bagi Anda untuk mengajukan besaran gaji yang diinginkan kepada perusahaan. 

Pahami Kemampuan Anda

Setelah mengetahui range nominal gaji untuk posisi Anda, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memahami kemampuan Anda sendiri. Anda dapat memberitahu kualitas dan prestasi yang Anda miliki. Tunjukkan bahwa Anda memang mempunyai kompetensi dan kemampuan yang dibutuhkan untuk posisi pekerjaan tersebut. Apabila perusahaan menilai kualitas Anda memenuhi kriterianya, maka Anda akan memiliki kesempatan besar untuk memperoleh gaji sesuai dengan ekspektasi Anda.

Tanamkan Rasa percaya Diri

Kepercayaan diri dapat ditunjukkan salah satunya dengan memberikan jawaban dari setiap pertanyaan secara tegas dan penuh keyakinan, termasuk saat sesi negosiasi gaji. Jangan takut untuk memulai percakapan negosiasi, misalnya dengan menanyakan kebutuhan perusahaan terkait dan sampaikan jika memang kemampuan Anda sesuai dengan ekspektasi mereka. Jelaskan apa saja yang bisa Anda lakukan, semua kelebihan serta pengalaman Anda. Yang perlu dilakukan adalah menunjukkan bahwa Anda pantas untuk menempati posisi yang ditawarkan dan memperoleh gaji yang sesuai.

Pertimbangkan Fasilitas Lain di Luar Gaji

Apa perusahaan tempat Anda bekerja atau perusahaan yang akan Anda sudah telah menetapkan standar gaji dan cukup sulit untuk melakukan negosiasi. Meskipun begitu, masih ada hal lain yang dapat Anda negosiasikan seperti tunjangan dan fasilitas yang bisa didapatkan selain gaji. 

Hindari Mengancam Untuk Pindah/Resign

Mengancam untuk pindah atau resign dari perusahaan saat ini tidak akan membantu Anda untuk dapat menaikkan gaji. Hal seperti ini justru akan menjadi bumerang bagi Anda. Apabila Anda menggunakan cara “kasar” ini saat bernegosiasi gaji dengan atasan, yang terjadi bisa saja Anda dibiarkan untuk resign dari perusahaan.

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.