fbpx
HRD

4 Syarat Menjadi Seorang HRD yang Profesional!

Human Resource Development atau yang lebih dikenal dengan sebutan HRD merupakan divisi yang memegang peranan cukup vital dalam pengelolaan perusahaan. Sesuai dengan namanya, divisi ini memiliki tugas untuk mengelola dan mengembangkan Sumber Daya Manusia atau SDM yang dimiliki oleh perusahaan. Misalnya, memastikan perusahaan memiliki semua SDM (sumber daya manusia) yang dibutuhkan, mengurusi keperluan perusahaan dengan peraturan pemerintah, hingga menjaga hubungan antar karyawan.

Baca Juga: Apa Sih Bedanya HRD dan Personalia? Ini Dia Jawabannya

Menjadi orang yang ramah saja tidak cukup untuk membuat seseorang sukses menjadi HR yang andal. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seseorang yang profesional dibidang ini. Untuk itu, pahami betul syarat-syarat yang wajib dipenuhi agar dapat menjadi HRD yang baik berikut ini.

Latar Belakang Pendidikan

Dalam setiap proses rekrutmen di perusahaan, latar belakang pendidikan tentu merupakan salah satu pertimbangan utama. Termasuk ketika menerima calon karyawan untuk masuk ke divisi HRD. Pada umumnya, latar belakang pendidikan untuk seorang HRD bisa semua bidang studi, namun hanya untuk staff HR secara umum. Sementara untuk HRD Recruitment dikhususkan jurusan Psikologi.

Lulusan Psikologi pada umumnya memang dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik. Hal ini lantaran tugas seorang HRD memang berinteraksi secara langsung dengan karyawan dari berbagai divisi. Dengan kemampuan komunikasi interpersonal yang baik, pengelolaan SDM pun dapat berjalan lancar.

Memahami Berbagai Karakter Manusia

Dalam sebuah perusahaan tentu memiliki karyawan dengan latar belakang yang beragam. Baik dari segi latar belakang pendidikan, pergaulan, serta bagaimana cara mereka untuk menghadapi persoalan dalam perusahaan itu sendiri. 

Sebagai seorang HRD yang baik tentu wajib memiliki kemampuan untuk mengenali karakter masing-masing karyawan. Dengan kemampuan ini akan sangat berguna untuk menjembatani karyawan dengan perusahaan. 

Mengenali Seluk-Beluk Perusahaan

Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan kondisi perusahaan pada dasarnya wajib dimiliki oleh seluruh karyawan. Akan tetapi, pengelola SDM tentu perlu mengenali seluk-beluk perusahaan dalam waktu yang relatif lebih singkat dan cepat. Sebagai seorang HRD haruslah mengenali seluk-beluk perusahaan dengan baik, tentunya penyampaian informasi penting terkait dengan perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Mampu Memberikan Solusi Atas Persoalan Terkait SDM Perusahaan

Salah satu fungsi HRD yaitu sebagai jembatan informasi antara karyawan dengan perusahaan, menuntut seorang HRD memiliki kemampuan analisis persoalan terkait SDM. Pengelola SDM tak hanya sekadar dapat menjadi tempat bagi karyawan untuk berkeluh kesah. Akan tetapi juga harus mampu memberikan solusi yang relevan ketika terjadi kesalahpahaman antara karyawan dengan perusahaan.

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.