fbpx
Retensi Karyawan

4 Cara Meningkatkan Retensi Karyawan!

Retensi karyawan merupakan suatu keharusan bagi sebuah perusahaan untuk mempertahankan karyawan terbaiknya. Secara definisi, retensi karyawan adalah upaya dalam mempertahankan karyawan dalam suatu perusahaan sebagai seorang tenaga ahli utama. 

Baca Juga: 8 Keterampilan Dasar Yang Perlu Dimiliki Karyawan

Hal tersebut diperlukan guna perusahaan dapat mempertahankan karyawan yang memiliki potensi tinggi agar tetap loyal kepada perusahaan dan pekerjaannya. Selain itu melakukan retensi karyawan juga dilakukan untuk bisa mendapatkan solusi agar  meminimalisir turnover karyawannya serta meningkatkan rasa nyaman karyawan dalam sebuah perusahaan. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkat retensi karyawan.

Selektif memilih karyawan

Cara pertama dalam meningkatkan retensi karyawan adalah pemilihan karyawan secara selektif. Karyawan terbaik tentunya akan menemukan jati diri dalam pekerjaannya. kandidat yang kamu pilih tidak hanya punya skill yang tepat dan dibutuhkan, tetapi juga cocok dan sejalan dengan budaya perusahaan (culture fit), atasan, dan teman kerja. Wawancarai secara detil dan cari tahu apakah mereka sosok yang memiliki pandangan yang sama dengan nilai-nilai perusahaan.

Berikan kesempatan mengembangkan diri

Cara berikutnya dalam meningkatkan retensi karyawan adalah dengan memberikan karyawan kesempatan dalam mengambangkan dirinya. Jika karyawan dapat mengembangkan keterampilan dan keahliannya maka hal tersebut tidak hanya berguna untuk mendongkrak produktivitas perusahaan, tetapi juga bermanfaat bagi pengembangan karir. Sebaliknya, bila karyawan hanya dipekerjakan terus tanpa peningkatan skill akan bosan dan lebih berpeluang pindah kerja.

Buat Lingkungan Kerja yang Nyaman

Lingkungan kerja yang nyaman juga dapat meningkatkan retensi karyawan. Karenanya waktu karyawan dalam sehari dihabiskan di tempat kerja, maka kantor dan ruangan kerja haruslah nyaman, atau minimal bersih, terang, dengan ventilasi cukup. Selain itu lingkungan yang baik dapat terbentuk dengan adanya relasi yang baik antara karyawan dan atasan serta antar sesama karyawan.

Berikan kompensasi

Penghargaan merupakan suatu kebutuhan yang dibutuhkan oleh semua orang, karena semua orang membutuhkan sebuah bentuk apresiasi terhadap pekerjaannya.Memberikan pujian dan pengakuan atas kinerja karyawan yang memuaskan dengan berbagai cara, dari mulai yang sederhana seperti mengucapkan terima kasih, memasang profil karyawan berprestasi di perusahaan, hingga memberinya reward berupa bonus atau hadiah. Apapun itu, membiasakan memuji kinerja karyawan merupakan cara ampuh untuk memupuk loyalitas karyawan.

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.