img-blog-payroll

Menuju Beta Release Layanan Payroll

Smartpresence dengan layanan absensi onlinenya resmi terdistribusi dari januari 2016 dalam versi beta. Dengan early adoption dari sebuah rumah sakit pusat berlokasi di Bali. Pertama tantangan yang dihadapi untuk diselesaikan adalah dinamis dan fleksibelnya jadwal kerja di rumah sakit tersebut. Kemudian permasalahan tukar shift secara mandiri, dan tantangan group apps/crew apps dimana setiap kepala ruang memiliki wawasan kehadiran realtime semua stafnya. Tantangan tersebut dapat diatasi secara keseluruhan. Sehingga layanan absensi online kami lebih mudah diadopsi oleh beberapa rumah sakit selanjutnya.

Untuk layanan produk selanjutnya adalah sistem penggajian. Sistem payroll yang kami kerjakan sekarang sangat dipengaruhi oleh pemikiran bagaimana sistem tersebut dapat melakukan jenis perhitungan sesuai kebutuhan dan men generate laporan sesuai yang ditentukan. Intinya adalah membuat setiap kolom yang dibutuhkan dapat diisikan formula dan menampilkan data yang diinginkan. Selain tantangan tersebut diatas ada beberapa hal yang harus kami kerjakan juga, agar sistem ini dapat fit sesuai kebutuhan klien. Fitur yang diperlukan salah satunya adalah perhitungan dan pengaturan index lembur yang dinamis dengan pengaturan perhitungan didalamnya.

Solusi dari SP untuk modul penggajian kali ini sementara memiliki menu pengaturan payroll, untuk set periode penggajian dan juga komponen master total nilai yang keluar, dan pemilihan header template untuk laporan yang dihasilkan. Yang kedua adalah menu komponen master yang merupakan pembentuk utama dari laporan penggajian yang dihasilan. Pada menu ini setiap kolom laporan ditentukan apa yang tampil dan bagaimana dihasilkan, apakah diinput manual, dihitung berdasarkan master lain, diambil dari data lembar waktu absensi, seperti total lembur, indeks lembur, jam kerja, jumlah hari kerja dll. Kemudian sub menu komponen input manual, merupakan data kolom komponen master yang akan diinputkan manual pada setiap periodenya. Kemudian sub menu posting data yag merupakan eksekusi data payroll yang telah diset, yang akan menghasilkan file excel

Adopsi awal sistem penggajian SP akan diujicobakan pada perusahaan outsourcing salah satu klien kami yang telah aktif menggunakan sistem absensi SP. Banyak hal yang masih menjadi pekerjaan rumah kami. Dinamisnya dan luasnya segmen klien kami membuat kami harus berpikir dengan matang mengenai fitur utama dan pendukung dari modul layanan ini. Sekian kira-kira update dari SP untuk anda. Semoga kedepannya kami dapat memberikan layanan yang dapat membantu klien kami menyelesaikan masalahnya.

 

payroll-image

 

v

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.