img_blog_13

Menentukan Sistem Kehadiran yang Handal

Seberapa penting kehadiran dalam sebuah perusahaan? Jawabannya pasti sangat penting. Kehadiran merupakan salah satu elemen utama dalam kegiatan HRD. Selain menjadi indikator kedisplinan, kehadiran adalah tonggak penting untuk setiap rupiah yang terima karyawan.  Bagian HRD sendiri memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dan sebagai salah satu cost center  dalam perusahaan. Sebagai cost center, tentu HRD sangat  berhati-hati dalam mengolah data kehadiran karyawan, bahkan menggunakan sistem informasi untuk memudahkan pengolahan data karyawan tersebut.

Kehadiran sistem kehadiran sangat berperan untuk memudahkan HRD pengolahan data karyawan dalam kehadiran. Jika dibandingkan dengan laporan kehadiran secara manual, sistem kehadiran yang ada saat ini jauh tidak menguras tenaga dan waktu sehingga laporan dapat cepat diperoleh, terlebih jika sistem kehadiran dapat terintegrasi dengan sistem payroll.

Berbicara tentang sistem informasi kehadiran, saat ini begitu banyak pilihan yang tersedia untuk mengakomodasi kebutuhan HRD.  Beberapa kemudahan utama adalah sistem  tersebut mampu memberikan data yang fleksibel mengatur jadwal kerja, akurat, berkualitas, tepat, cepat, dan  keamanan yang terjamin. Antony, bagian kepegawaian PDAM Kabupaten Merangin, Jambi mengungkapkan kriteria yang menjadi sorotan untuk memilih sistem kehadiran.  “Dari PDAM Merangin sendiri  kami ingin ada rekapitulasi otomatis dan laporan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kami” ujar Antony. Selain kemudahan dalam laporan, keamanan juga menjadi kriteria selanjutnya. “ Pertimbangan dalam memilih sistem absen itu tidak mudah diakali karyawan dan harganya terjangkau”, kata Irfan, owner UKM “Multicom”

Sementara itu, inovasi baru dalam sistem kehadiran pun sudah ada seiring dengan perkembangan teknologi.  Beberapa vendor menawarkan sistem kehadiran menggunakan teknologi cloud computing sebagai kekuatan dan pastinya manfaat yang didapatkan semakin bertambah. Teknologi tersebut memudahkan perusahaan mendapat informasi dan data kehadiran realtime, juga dapat diakses kapan dan dimana pun. Praktis bukan?

Di tengah banyak pilihan sistem kehadiran, perusahaan dapat menentukan pilihan terbaik untuk mengakomodasi kebutuhan HRD dan Smart Presence adalah salah satunya.

Di tengah banyak pilihan sistem kehadiran, perusahaan dapat menentukan pilihan terbaik untuk mengakomodasi kebutuhan HRD dan Smart Presence adalah salah satunya. Kenapa? Smart Presence merupakan sistem manajemen kehadiran yang didukung dengan teknologi cloud computing dan pengenalan wajah (face recognition). Smart presence hadir dalam bentuk aplikasi-aplikasi pada Smartphone yang terintegrasi sehingga HRD dapat memantau, mengevaluasi data dan supervisi data kehadiran dengan mudah. Selain itu, Smart Presence dapat dengan cepat serta fleksibel mengatur jadwal kerja shift dan full time. Transparansi pun tidak luput dalam keuntungan dari Smart Presence. Sebab, karyawan dapat mengakses data absensi pribadi sendiri sekaligus pengajuan administratif seperti izin, sakit maupun cuti dalam aplikasi. Kesimpulannya, dengan sistem kehadiran Smart Presence ini, kinerja dan produktivitas perusahaan tidak terganggu serta menumbuhkan kedisplinan karyawan.

Dessy Wulandari
Team Leader

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.