fbpx
Analisis SWOT

2 Hal Yang Mempengaruhi Analisis SWOT!

SWOT Analisis merupakan merupakan sebuah teknik yang bermanfaat untuk membantu mengembangkan strategi bisnis, baik itu yang sedang berlangsung maupun dalam perencanaan baru. Analisis ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan guna mencapai target bisnis yang sedang dikelola atau yang masih dalam proses perencanaan untuk masa mendatang. Selain digunakan dalam bisnis, Analisis SWOT juga dapat digunakan pada diri sendiri dalam pengembangan karir.

Baca Juga: Pentingnya Perencanaan Bisnis untuk Memulai Usaha

Pengertian SWOT Analisis

SWOT adalah sebuah singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman). Seperti namanya, Analisis SWOT merupakan suatu teknik yang digunakan untuk merancang strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman yang ada dalam suatu bisnis, baik itu bisnis yang sedang berlangsung maupun bisnis baru yang sedang dalam perencanaan. 

Pastinya semua pelaku usaha memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam bisnisnya. Apabila mereka tidak memiliki strategi yang jelas, maka akan sulit sekali mewujudkan semua tujuan tersebut. Strategi itulah yang dikembangkan berdasarkan hasil dari analisis SWOT.

Teknik ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1960-an oleh seseorang bernama Albert Humphrey yang memimpin sebuah proyek riset pada Universitas Stanford yang menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Ada 2 faktor pokok yang nantinya dapat memengaruhi keempat komponen dasar pada analisis SWOT, yaitu:

Faktor Internal

Faktor yang pertama adalah Faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam. Faktor ini terdiri dari dua poin yaitu kekuatan atau strength dan kelemahan atau weakness. Kedua poin ini akan berdampak lebih baik dalam sebuah penelitian ketika kekuatan lebih besar dibandingkan kelemahan.  Dengan begitu kekuatan internal yang maksimum pastinya akan memberikan hasil penelitian yang jauh lebih baik. 

Yang termasuk dalam dari faktor internal itu sendiri, antara lain seperti SDM yang dimiliki, finansial atau keuangan, kelebihan atau kelemahan internal perusahaan dan juga pengalaman-pengalaman organisasi maupun perusahaan sebelumnya baik itu yang berhasil maupun yang gagal.

Baca Juga: Ini Dia Cara Melakukan Analisis Beban Kerja!

Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor yang tidak secara langsung terlibat pada apa yang sedang diteliti. Faktor ini terdiri dari dua poin yaitu ancaman atau opportunities dan peluang atau threats. Adanya peluang dan ancaman ini tentu saja dapat memberikan data yang nantinya akan dimasukkan dalam jurnal penelitian sehingga dapat menghasilkan strategi yang tepat untuk menghadapinya. Ada beberapa poin yang termasuk dalam faktor eksternal ini, antara lain tren, budaya, sosial politik, ideologi, maupun perekonomian, sumber-sumber permodalan, peraturan pemerintah, perkembangan teknologi, peristiwa-peristiwa yang terjadi, dan lingkungan

Kategori

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.