fbpx

Syarat dan Ketentuan
(TERMS OF USE)

Syarat dan Ketentuan Layanan SmartPresence (“S&K”) ini adalah perjanjian antara PT Bima Sakti Alterra sebagai penyedia Layanan dan Anda sebagai Pengguna yang mengatur akses dan penggunaan Anda atas Layanan (sebagaimana didefinisikan pada bagian informasi umum di bawah ini).

Dengan melakukan pendaftaran atau dengan mengunduh, memasang, mengakses atau menggunakan Layanan, serta tindakan mengklik persetujuan secara elektronik merupakan bentuk pernyataan persetujuan untuk mematuhi seluruh ketentuan dalam S&K ini sehingga S&K ini sah, mengikat Para Pihak dan dapat diberlakukan. Baik Pengguna maupun BSA setuju bahwa tidak ada pihak yang akan memulai atau melakukan tuntutan atau keberatan apapun sehubungan dibuatnya maupun keabsahan S&K ini ini berikut amandemen atau perubahannya dalam bentuk kontrak elektronik.

Dalam hal Anda tidak menyetujui S&K ini, maka Anda dapat menghentikan penggunaan Layanan beserta seluruh fitur yang terdapat pada Layanan ini.

I. INFORMASI UMUM

  1. Layanan adalah Layanan yang tersedia dalam aplikasi SmartPresence, yaitu sebuah perangkat lunak sebagai layanan kehadiran secara digital untuk mempermudah manajemen absensi pada sebuah organisasi/perusahaan, terdiri dari pemantauan kehadiran karyawan, pemantauan lokasi absen, penggunaan sistem deteksi biometrik, pencatatan dan penghitungan jam lembur, dan pemantauan jam jadwal kerja
  2. Kami atau BSA adalah PT Bima Sakti Alterra , sebuah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia, sebagai perusahaan pemilik dan penyedia layanan SmartPresence yang dapat diakses melalui www.bsa.id dan www.smartpresence.id (“Situs”) dan/atau mobile application SmartPresence (“Aplikasi”) (Situs dan Aplikasi secara bersama-sama disebut sebagai “Layanan”) yang dapat diunduh melalui Google Play Store atau Apple App Store.
  3. Anda atau Pengguna dalam hal ini adalah setiap orang dan/atau badan usaha yang dilindungi secara hukum melalui Undang-undang No.11 Tahun 2008 sebagaimana diubah dengan Undang-undang No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan terhadap segala bentuk perikatan yang timbul dari segala aktivitas pada Layanan termasuk namun tidak terbatas yang menggunakan serta telah memenuhi kaidah dan syarat sahnya suatu perikatan sebagaimana tercantum di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia, dimana sesuai dengan konteksnya terdiri dari:

    1. Setiap orang yang mengakses Situs atau mengunduh Aplikasi;
    2. Perusahaan, yaitu merupakan badan usaha yang mendaftarkan badan usahanya pada sistem SmartPresence; atau
    3. Karyawan, yaitu tenaga kerja yang didaftarkan oleh Perusahaan untuk diikutsertakan dalam Layanan.
  4. Hak-hak Akses dalam Layanan meliputi;

    1. Hak Akses sebagai Admin , yaitu hak yang diberikan kepada user untuk memiliki akses penuh terhadap pengelolaan Layanan melalui portal admin dan Aplikasi;
    2. Hak Akses sebagai HRD, yaitu hak yang diberikan kepada Anda untuk mengelola data Pengguna yang ada dalam Aplikasi.
  5. Pengunduhan dan/atau penggunaan Aplikasi ini bebas biaya. Koneksi kepada jaringan internet diperlukan untuk dapat menggunakan Layanan ini. Segala biaya yang timbul atas koneksi perangkat mobile Anda dengan jaringan internet sepenuhnya ditanggung oleh Anda.
  6. Aplikasi ini dapat digunakan oleh Anda dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran yang disertai pemberian informasi data pribadi Anda sebagaimana diminta dalam Aplikasi (“Data Pribadi”). Informasi terkait Data Pribadi yang diberikan hanya akan digunakan untuk pemberian Layanan dan tujuan lain yang dimuat dalam Kebijakan Privasi. Informasi tambahan wajib Anda berikan untuk dapat mempergunakan Layanan tertentu dalam Aplikasi. Hal-hal terkait Data Pribadi diatur dalam Kebijakan Privasi sebagai bagian dari Ketentuan Penggunaan ini.

II. PERSETUJUAN

  1. Atas Pembukaan Akun, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:

     

    1. Anda telah membaca dan menyetujui S&K, Kebijakan Privasi serta penagihan pembayaran atas penggunaan Layanan;
    2. Anda memiliki usia yang cakap berdasarkan hukum untuk terlibat atau membuat kontrak yang mengikat dan bukan orang yang dilarang untuk menerima Layanan berdasarkan hukum Republik Indonesia atau yurisdiksi lain yang berlaku, dan tidak pernah sebelumnya ditangguhkan, dihapus, atau dilarang sebagai Pengguna dari Layanan;
    3. Anda akan menggunakan dan/atau mengakses Situs, Aplikasi, Konten pada Layanan hanya untuk tujuan yang sah;
    4. Tidak ada materi apapun yang disampaikan melalui akun Anda atau yang diunggah atau dibagikan oleh Anda melalui Layanan dan/atau aplikasi pendukung Layanan akan melanggar atau menyalahi hak pihak ketiga manapun, termasuk hak cipta, merek dagang, privasi, publisitas atau hak kepemilikan atau pribadi lainnya; atau mengandung fitnah, pencemaran nama baik atau materi yang melanggar hukum;
    5. Semua informasi yang Anda berikan kepada Kami (termasuk namun tidak terbatas pada informasi Data Pribadi dan kontak) adalah akurat, benar dan lengkap;
    6. Anda setuju untuk menyediakan dan memperbarui informasi yang akurat, terkini dan lengkap tentang Akun Anda serta melaporkannya kepada Kami. Dalam hal ini, Anda membebaskan Kami dari segala tanggung jawab atas kesalahan yang terjadi akibat tidak dilakukannya pembaruan informasi Akun Anda;
    7. Pada saat pembuatan Akun, Anda tidak diperbolehkan:

       

      1. memberikan informasi Data Pribadi palsu kepada Kami (termasuk nama Pengguna (username) palsu) atau membuat Akun untuk orang lain selain diri sendiri tanpa izin dari orang tersebut;
      2. menggunakan nama pengguna (username) yang merupakan nama orang lain dengan maksud untuk meniru orang itu;
      3. orang lain tanpa otorisasi yang tepat; atau
      4. (username) yang bersifat menyesatkan, fitnah, asusila, mengandung pornografi, dan diskriminatif atau rasis.
    8. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kata sandi (password) dan Akun Anda, dan setuju untuk memberitahu Kami jika kata sandi (password) Anda hilang, dicuri, atau diungkapkan kepada pihak ketiga yang tidak sah, atau mungkin telah jatuh ke tangan yang tidak berhak. Anda bertanggung jawab atas setiap kegiatan yang terjadi dalam Akun Anda. Jika Anda memiliki alasan untuk percaya bahwa Akun Anda tidak lagi aman, maka Anda harus segera memberitahukan Kami.
  2. Atas ketentuan secara umum, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:
    1. Anda bertanggung jawab untuk membuat semua pengaturan yang diperlukan agar Anda memiliki akses ke Layanan. Anda juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua orang yang mengakses Layanan melalui koneksi internet Anda mengetahui dan mematuhi S&K ini serta ketentuan lain yang berlaku.
    2. Internet dapat mengalami gangguan, pemadaman transmisi, penundaan transmisi karena lalu lintas internet atau transmisi data yang salah sebagaimana hal-hal tersebut melekat pada internet yang bersifat terbuka bagi publik.
    3. Kami berhak untuk mengubah, memodifikasi, menunda atau menghentikan semua atau sebagian dari Layanan kapanpun. Kami juga dapat menentukan batas pada fitur-fitur tertentu atau membatasi akses Anda berdasarkan keputusan internal Kami atau peraturan terkait dengan penyelenggaraan Layanan.
    4. Kami dari waktu ke waktu, tanpa memberikan alasan atau pemberitahuan apapun sebelumnya, dapat memperbarui, mengubah, menunda, menghentikan dan/atau mengakhiri semua konten pada Situs secara keseluruhan atau sebagian, termasuk namun tidak terbatas pada desain, teks, gambar grafis, foto, gambar, citra, Aplikasi, dan file lain, tarif, biaya, kuotasi, data historis, grafik, statistik, artikel, informasi kontak Kami, setiap informasi lain, dan pemilihan serta pengaturannya.

III. PENGGUNAAN LAYANAN

Dengan Anda melanjutkan penggunaan atau pengaksesan Layanan, berarti Anda telah sepakat menyatakan dan menjamin kepada BSA bahwa:

  1. Anda hanya diperkenankan untuk mengakses dan/atau menggunakan Layanan untuk keperluan Perusahaan dan non-komersil, yang berarti bahwa Layanan ini hanya boleh diakses dan digunakan secara langsung oleh Perusahaan yang sedang mencari produk atau Layanan untuk membantu mengelola absensi perusahaan. Akses dan penggunaan Situs di luar keperluan Perusahaan atau non-komersil dilarang, dan melanggar S&K ini.

  2. Anda tidak diperkenankan menggunakan Layanan untuk hal sebagai berikut:


    1. untuk menyakiti, menyiksa, mempermalukan, memfitnah, mencemarkan nama baik, mengancam,mengintimidasi atau mengganggu orang atau bisnis lain, atau apapun yang melanggar privasi atau yang BSA anggap penuh kebencian, tidak senonoh, tidak patut, tidak pantas, atau diskriminatif;

    2. dengan cara yang melawan hukum, menipu, atau tindakan komersil;

    3. melanggar atau menyalahi hak orang lain, termasuk tanpa terkecuali hak paten, merek dagang, hak cipta, rahasia dagang, publisitas, dan hak milik lainnya;

    4. membuat, memeriksa, memperbarui, mengubah atau memperbaiki database, rekaman, atau direktori Anda ataupun orang lain;

    5. menggunakan kode komputer otomatis, proses atau sistem “screen scraping”, program, robot, net crawler, spider, pemrosesan data, trawling atau kode komputer; dan/atau

    6. melanggar S&K, atau ketentuan lainnya yang ada pada Layanan.

  3. BSA tidak bertanggung jawab atas kehilangan akibat kegagalan dalam mengakses Layanan atau metode penggunaan Layanan yang di luar kendali Kami.

  4. BSA tidak bertanggung jawab atau dapat disalahkan atas kehilangan atau kerusakan yang di luar perkiraan saat Anda mengakses atau menggunakan Layanan. Kehilangan termasuk kehilangan penghematan biaya yang diharapkan, kehilangan bisnis atau kesempatan bisnis, kehilangan pemasukan atau keuntungan, atau kehilangan atau kerusakan apapun yang Anda alami akibat penggunaan Layanan.

IV. JANGKA WAKTU BERLANGGANAN LAYANAN

  1. Anda dapat berlangganan Layanan untuk Jangka Waktu minimum 1 (Satu) bulan.
  2. Anda akan berkomunikasi dengan BSA melalui unit terkait untuk menuangkan kesepakatan berlangganan ke dalam Perjanjian Penggunaan Layanan. Perjanjian Penggunaan Layanan tersebut secara umum mengacu pada isi dalam S&K ini dan kesepakatan-kesepakatan lebih spesifik lainnya.

V. KEWAJIBAN PENGGUNA

  1. Kewajiban Pembayaran Biaya Layanan.
    1. Tagihan untuk Biaya Layanan akan ditagihkan setiap bulan terhitung mulai dari satu bulan sejak Pengguna mulai berlangganan untuk Penggunaan Layanan.
    2. Pengguna wajib membayarkan seluruh biaya yang ditagihkan sesuai dengan jumlah Karyawan yang didaftarkan pada Layanan.
  2. Kewajiban untuk menghormati Hak Kekayaan Intelektual Layanan.
    Semua Hak Kekayaan Intelektual dalam Layanan dimiliki oleh BSA. Semua informasi dan bahan, termasuk namun tidak terbatas pada: Aplikasi, teks, data, grafik, citra, merek dagang, logo, ikon, kode html dan kode lainnya dalam Situs dan Aplikasi dilarang untuk dipublikasikan, dimodifikasi, disalin, direproduksi, digandakan atau diubah dengan cara apa pun tanpa izin yang dinyatakan secara tertulis oleh BSA. Jika Pengguna melanggar hak-hak ini, BSA berhak untuk membuat gugatan atau upaya hukum lainnya untuk jumlah keseluruhan kerusakan atau kerugian yang diderita. Pelanggaran-pelanggaran ini juga bisa merupakan tindak pidana sebagaimana diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ganti Rugi.
Pengguna setuju untuk mengganti rugi BSA dan petugasnya terhadap semua kerugian, pajak, biaya, biaya hukum, dan kewajiban (saat ini, di masa yang akan datang, kontingensi, atau apapun yang berbasis ganti rugi), yang diderita oleh BSA sebagai hasil atau hubungan dari pelanggaran S&K ini atau dokumen terkait lainnya yang dilakukan oleh Pengguna dan/atau tindakan yang dilakukan oleh BSA ketika terjadi pelanggaran S&K ini atau dokumen terkait lainnya.

VI. PENGHENTIAN LAYANAN

  1. BSA dapat menghentikan pemberian Layanan dan akses kepada Pengguna atau mengakhiri Perjanjian Kerja Sama dengan Pengguna dengan alasan antara lain sebagai berikut:
    1. Pengguna tidak melakukan pembayaran Tagihan Perpanjangan;
    2. Pengguna melanggar sebagian atau seluruh isi S&K ini; dan/atau
    3. Pengguna melanggar sebagian atau seluruh dokumen yang berlaku lainnya.
  2. Pengguna dapat menghentikan penggunaan Layanan dengan membuat surat penghentian Layanan yang ditujukan kepada BSA pada informasi kontak dalam S&K ini.
  3. BSA dapat melakukan penghentian Layanan atau penutupan akses Layanan kepada Pengguna yang disebabkan Pengguna tidak melakukan pembayaran Biaya Layanan sesuai dengan jumlah kuota setelah tagihan pembayaran jatuh tempo.

VII. PERJANJIAN TINGKAT LAYANAN

  1. Target Ketersediaan Layanan
    BSA memberikan jaminan Uptime untuk mengakses pusat data (server) sistem Layanan sebesar 98% (sembilan puluh delapan persen).
  2. Pengecualian
    Kegagalan sistem tidak menjadi tanggung jawab BSA apabila kegagalan sistem tersebut disebabkan oleh:
    1. penggunaan Layanan oleh Pengguna dengan cara yang tidak diizinkan dalam S&K atau Perjanjian Kerja Sama yang berlaku;
    2. masalah internet umum, kejadian force majeure atau faktor lain di luar kendali BSA;
    3. kegagalan atau malfungsi pada peralatan Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada Aplikasi, koneksi jaringan atau infrastruktur lainnya; atau
    4. kegagalan atau malfungsi sistem, tindakan atau kelalaian pihak ketiga; atau pemeliharaan terjadwal atau perawatan darurat yang wajar.

Pengguna dapat menghubungi BSA untuk memperoleh bantuan penggunaan Layanan hanya melalui layanan surat elektronik (e-mail), live chat, dan telepon di Hari Kerja.

VIII. DATA PENGGUNA

  1. Pengguna dengan ini sepakat dan setuju bahwa BSA dapat mengumpulkan, menggunakan, mengakses, menyimpan, dan/atau memproses Data Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada informasi Data Pribadi, dan/atau informasi tentang aktivitas yang dilakukan oleh Pengguna pada Layanan selama Pengguna masih menggunakan Layanan dan dapat melakukan penghapusan sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku.
  2. Pengguna dengan ini sepakat dan setuju bahwa BSA dapat menghapus Data Pribadi Pengguna pada sistem BSA dengan ketentuan:
    1. terdapat penetapan pengadilan untuk menghapus Data Pribadi yang terdapat dalam sistem SmartPresence atas permintaan pemilik Data Pribadi;
    2. Pengguna menutup atau mengakhiri penggunaan Layanan dan jangka waktu penyimpanan Data Pribadi dalam sistem elektronik berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya telah terlampaui.
    3. Atas permintaan tertulis pemilik Data Pribadi untuk menghapus Data Pribadi miliknya.
    4. Data Pribadi Pengguna yang telah dihapus BSA tidak dapat ditampilkan kembali.
  3. BSA tidak akan mengungkapkan Data Pengguna kepada pihak ketiga kecuali diwajibkan oleh hukum dan/atau atas perintah peraturan perundang-undangan atau lembaga pemerintah atau peradilan, untuk proses hukum dan/atau permintaan pihak instansi pemerintah, penegak hukum, dan pihak berwenang resmi lainnya yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  4. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, BSA (termasuk perusahaan terafiliasi dan mitra resmi yang bekerja sama dengan BSA) berhak menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna melalui Layanan untuk kepentingan pengembangan dan peningkatan mutu Layanan demi keamanan dan kenyamanan Pengguna.

IX. PEMUKTAHIRAN DAN TRANSMISI ELEKTRONIK

  1. BSA berhak untuk setiap saat mengubah, memperbarui, atau mengubah persyaratan dalam S&K ini dengan menggantinya dengan S&K yang terbaru. Dengan terus berkomunikasi dengan BSA, dan dengan terus menggunakan Layanan, fitur dalam Layanan, atau dengan penggunaan lanjutan Pengguna dengan BSA sehubungan dengan modifikasi-modifikasi, pembaruan-pembaruan atau perubahan-perubahan S&K ini, tindakan tersebut menandakan dan merupakan persetujuan Pengguna atas modifikasi-modifikasi tersebut, pembaruan-pembaruan atau amandemen-amandemen sebagaimana dimaksud.
  2. S&K ini, dan setiap perubahannya, dengan cara apa pun yang diterima, harus diperlakukan sebagai kontrak sebagaimana mestinya dan harus dianggap memiliki akibat hukum yang mengikat sama seperti versi asli yang ditandatangani secara langsung.

X. TANGGUNG JAWAB BSA

  1. Kewajiban BSA hanya sebatas pada operasional fitur atau hal-hal yang disediakan di dalam Layanan. Sehingga, dalam keadaan apapun, BSA, atau pejabat, direktur, karyawan, dan perwakilannya tidak bertanggung jawab kepada Pengguna atas segala hasil atau keadaan yang timbul dari atau dengan cara apapun terkait dengan penggunaan Layanan oleh Pengguna, baik tanggung jawab tersebut berdasarkan kontrak, kesalahan atau sebaliknya. Serta BSA, termasuk pejabat, direktur karyawan, dan perwakilannya tidak bertanggung jawab atas tanggung jawab tidak langsung, konsekuensial, atau khusus yang diakibatkan sebagai hasil atau timbul dari atau dengan cara apapun yang terkait dengan penggunaan Layanan oleh Pengguna.
  2. Pengguna setuju bahwa BSA tidak bertanggung jawab atas setiap akibat atau kerugian yang timbul akibat hal-hal sebagaimana disebutkan di atas, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) kehilangan data; (ii) kehilangan pendapatan, keuntungan, atau pemasukan lainnya; dan/atau (iii) kehilangan, kerusakan atau cedera yang timbul dari penggunaan Pengguna atas Layanan.
  3. BSA dapat menangguhkan atau menghentikan akun Pengguna atau akun pihak yang menerima pengalihan dari Pengguna yang telah dijual, ditawarkan untuk dijual, diberikan, diserahkan atau dialihkan dengan melanggar ketentuan di dalam Layanan. Dalam hal ini Pengguna melepaskan BSA dari segala bentuk tanggung jawab dan kerugian yang timbul akibat kelalaian Pengguna terhadap akun yang dimiliki Pengguna.

XI. INFORMASI RAHASIA

  1. Dalam hal terdapat kegiatan tukar-menukar Informasi Rahasia (sebagaimana didefinisikan di bawah), maka Pengguna wajib:
    1. memastikan bahwa setiap informasi baik lisan maupun yang tertulis atau dengan cara lain yang dikomunikasikan atau diungkapkan sehubungan dengan penggunaan Layanan dan fitur dalam Layanan sebagaimana diatur dalam S&K ini serta pelaksanaannya merupakan hal yang bersifat rahasia (“Informasi Rahasia”);
    2. tidak mengungkapkan suatu Informasi Rahasia dengan cara apapun dan dalam bentuk apapun kepada pihak lain, tanpa adanya persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak BSA selaku pemberi Informasi Rahasia.
  2. Pengguna sepakat tidak akan menggunakan Informasi Rahasia untuk tujuan selain untuk alasan pelaksanaan kewajibannya berdasarkan S&K ini.
  3. Kewajiban atas kerahasiaan ini tidak berlaku untuk informasi yang secara umum tersedia untuk publik tanpa dilakukannya suatu tindakan atau kelalaian dari Pengguna selaku pihak penerima, atau menjadi diketahui oleh Pengguna selaku pihak penerima melalui pihak ketiga dengan perolehan serta mekanisme yang tidak bertentangan dengan S&K ini serta ketentuan hukum yang berlaku, atau dipersyaratkan untuk diungkapkan oleh undang-undang, perintah pengadilan atau permintaan oleh pemerintah. Sehubungan dengan pengungkapan Informasi Rahasia karena dipersyaratkan oleh undang-undang, perintah pengadilan atau permintaan pemerintah ini, maka pihak yang akan mengungkapkan wajib memberitahukan kepada BSA selaku pemberi Informasi Rahasia dalam waktu 14 (empat belas) hari kerja sebelumnya.

  4. Pengumuman, pernyataan pers, komunikasi, atau edaran (selain yang dipersyaratkan oleh undang-undang atau peraturan) mengenai Layanan ini tidak akan dibuat atau dikirim oleh salah satu Pihak tanpa persetujuan Pihak lainnya. Persetujuan ini tidak akan ditahan tanpa alasan yang wajar.

XII. LARANGAN KEGIATAN TIDAK SAH

Layanan Kami hanya dapat digunakan dan diakses untuk tujuan yang sah atau diperbolehkan secara hukum. Selain larangan dalam Hak Kekayaan Intelektual yang diatur sebelumnya, Pengguna dilarang untuk melakukan tindakan-tindakan antara lain sebagai berikut:

  1. menghubungkan Situs Pengguna dengan Situs, website dan/atau aplikasi milik pihak ketiga lain yang melanggar norma kesusilaan, agama, moral, ketertiban umum, hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

  2. melakukan usaha atau mencoba untuk melakukan upaya pemecahan kode, hacking, cracking, penetrasi virus penggunaan software, shareware, freeware termasuk berupaya mengakses atau mencari Layanan atau mengunduh konten dari Layanan melalui penggunaan mesin, perangkat lunak, alat, agen, perangkat atau mekanisme (termasuk tanpa dibatasi oleh, robot, crawler, alat data mining atau sejenisnya) selain perangkat lunak dan / atau agen yang disediakan oleh Kami atau umumnya tersedia;

  3. mengumpulkan dan menggunakan informasi, seperti nama-nama Pengguna lain, nama asli, alamat email yang ada pada Layanan dan digunakan untuk mengirimkan iklan yang tidak sah, junk mail, spam atau bentuk lainnya yang tidak diinginkan;

  4. menggunakan Layanan untuk tujuan komersial atau untuk kepentingan pihak ketiga atau dengan cara tidak diizinkan oleh S&K ini;

  5. melanggar hukum atau peraturan yang berlaku;

  6. mendorong atau memungkinkan individu lain untuk melakukan hal di atas; atau

  7. mengganggu kenyamanan Pengguna lain dalam menggunakan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada: (a) membuat penawaran yang tidak diminta atau iklan kepada Pengguna lain dari Layanan atau (b) mencoba untuk mengumpulkan informasi pribadi tentang Pengguna lain atau pihak ketiga tanpa persetujuan mereka. 

Apabila Anda terbukti melakukan kegiatan yang dilarang sebagaimana tercantum di atas, Kami berhak untuk menyelidiki dan mengajukan ke pengadilan terkait larangan yang dilakukan dari salah satu hal di atas dan/atau melibatkan dan bekerja sama dengan pihak penegak hukum dalam menuntut Pengguna yang melanggar S&K ini.

XIII. KEADAAN KAHAR (FORCE MAJEURE)

Dalam hal ini apabila BSA tidak dapat melaksanakan kewajiban baik sebagian maupun seluruhnya yang diakibatkan oleh hal-hal diluar kekuasaan atau kemampuan BSA, termasuk namun tidak terbatas pada peretasan sistem, bencana alam, perang, huru-hara, adanya kebijakan/peraturan pemerintah yang tidak memperbolehkan atau yang membatasi BSA untuk beroperasi dibawah jurisdiksi hukum Indonesia, serta kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa diluar kekuasaan atau kemampuan BSA, maka dengan ini Pengguna membebaskan BSA dari segala macam tuntutan dalam bentuk apapun terkait dengan tidak dapat dilaksanakannya kewajiban oleh BSA.

XIV. PENYELESAIAN SENGKETA

  1. S&K ini tunduk, diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia.
  2. Apabila terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat yang disebabkan atau yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan S&K ini (“Sengketa”), maka Kami dan Anda (secara bersama-sama disebut sebagai “Para Pihak”) sepakat akan menyelesaikan secara musyawarah untuk mufakat antara Para Pihak dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak salah satu Pihak menyampaikan pemberitahuan mengenai adanya Sengketa. Para Pihak akan menuangkan hasil kesepakatan antara Para Pihak sehubungan dengan Sengketa tersebut dalam sebuah berita acara penyelesaian sengketa yang ditandatangani oleh kedua belah Pihak.
  3. Apabila Sengketa tidak dapat diselesaikan melalui musyawarah mufakat dalam kurun waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak Sengketa diberitahukan oleh salah satu Pihak ke Pihak lainnya, maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan Sengketa melalui arbitrase di Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) yang didirikan pada 30 November 1977 berdasarkan Keputusan Kamar Dagang Indonesia No. SKEP/152/DPH/1977, atau badan lainnya yang disebut sebagai Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang diputuskan oleh otoritas yang berwenang dalam keputusan yang final dan mengikat sehubungan dengan validitas dan kedudukan Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang saat itu berlaku, yang mana peraturan BANI dianggap dimasukkan dengan referensi dalam S&K ini.
  4. Tempat kedudukan arbitrase adalah di Jakarta, Indonesia, dan bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia.
  5. Para Pihak sepakat untuk tetap melaksanakan kewajiban-kewajibannya menurut S&K ini selama proses penyelesaian perselisihan.

    XV. KETENTUAN LAIN-LAIN

    Sebagai tambahan dan pelengkap S&K ini, dokumen-dokumen berikut juga berlaku terhadap penggunaan Layanan dan aplikasi SmartPresence oleh Pengguna:

    1. Kebijakan Privasi, yang menetapkan ketentuan-ketentuan yang berlaku ketika BSA mengolah setiap Data yang dikumpulkan dari Pengguna, atau yang Pengguna berikan kepada BSA. Dengan menggunakan SmartPresence, Anda setuju dengan pengumpulan, penggunaan, pengungkapan Data Anda dan Anda menjamin bahwa semua Data yang Anda berikat adalah akurat; dan
    2. Perjanjian Kerja Sama.

    XVI. KONTAK

    Segala bentuk pertanyaan terkait S&K ini dapat dikirimkan melalui:

    PT BIMA SAKTI ALTERRA
    Alamat    : Jalan Melati No 61, Dangin Puri Kangin, Denpasar, Bali.
    Email       : info@smartpresence.id

    Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

    Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!