SMK Penerbangan PBD! Menggunakan SmartPresence

Dengan sistem kehadiran di sekolah, kini SMK Penerbangan PBD bisa cek kehadiran realtime
dan memberikan informasi kehadiran kepada orang tua siswa.

Akomodasi SmartPresence

DataCapture Siswa/Guru/Pegawai : 7 set
SMS Orang Tua : Ya
Data Siswa Terdaftar di SP (2/2018) : 253
Data Guru & Pegawai Terdaftar di SP (2/2018) : 38

 

SMK Penerbangan PBD

SMK Swasta Penerbangan Pulau Brayan Darat berlokasi di kecamatan Medan Timur, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Sekolah Menengah Kejuruan memiliki program keahlian Airframe & Power Plant serta Elektronik Avionic.

Penggunaan SmartPresence Untuk

Hal utama yang diharapkan adalah memberikan informasi kepada orang tua melalui fitur SMS Gateway SmartPresence. Ketika siswa berhasil melakukan rekam absensi masuk maka SMS akan dikirmkan ke orang tua. Yang kedua sistem kehadiran SP dengan validasi pengenalan wajah sehingga tidak terjadi kecurangan dalam rekam absensi. Kemudian laporan kehadiran yang apa adanya tentang kehadiran siswa disekolah yang dibagikan setiap penerimaan rapot siswa oleh orang tua.

Penerapan SmartPresence

Dari sisi perangkat SMK Penerbangan PBD menggunakan 7 perangkat rekam absensi untuk keseluruhan siswa, guru dan pegawai sebanyak 291 orang. Menggunakan tablet merk Samsung dengan tipe Tab 3V. Menggunakan bracket kustom untuk mengamankan perangkat. Dipasang di dinding dalam model KiosK.

Setiap perangkat terinstal DataCapture dan terpasang adalah gabungan untuk rekam absensi seluruh entitas sekolah baik siswa, guru dan pegawai.

Kemudian untuk Pengaturan | Umum | Lainnya | Kirim SMS adalah On, artinya setiap adanya rekam presensi dan data siswa dilengkapi dengan nomor celuler orang tua, maka SMS akan dikirmkan ke nomor tersebut, serta absensi dilakukan guru dan pegawai terkirim ke no ponsel masing-masing. Dengan format pada Pengaturan | Format SMS | Saat Kehadiran | {company} {name} sudah melakukan absensi {inout[IN|OUT]} . Template tersebut akan menghasilkan otomatis untuk masing-masing siswa, guru dan pegawai dengan keterangan sesuai database setelah berhasil melakukan rekam absensi.

Untuk supervisi data kehadiran dilakukan oleh operator sekolah yang telah ditunjuk. Supervisi dilakukan melalui dasbor sistem web ataupun dasbor mobile. Supervisi berfokus pada siswa yang belum absen. Memberikan peringatan kepada siswa untuk selalu melakukan rekam absensi.