Karya Trustindo Utama! Menggunakan SmartPresence

Dengan sistem kehadiran SmartPresence. Trustindo dapat rekam absensi secara mobile
dan melakukan penelusuran waktu kehadiran lebih cepat.

Data Perusahaan

Link Website

 

Akomodasi SmartPresence

DataCapture : 64 Set
Data Karyawan Terdaftar : 63 Orang (02/2018)

 

PT. Karya Trustindo Utama

Perusahaan ini berlokasi di Jl. Pulau Moyo Gg. Cemara No. 10 Pedungan, Denpasar. bergerak dibidang ketenaga kerjaan menyediakan layanan cleaning service dan gardening. Melayani perkantoran & perhotelan di wilayah Bali, Banyuwangi dan NTB.

Penggunaan SmartPresence Untuk

Kebutuhan utama dari perusahaan adalah rekam presensi pada posisi yang ditentukan. Dengan kompatibilitas mobile agar karyawan dapat melakukan presensi pada posisi lokasi yang telah ditentukan tersebut. Sekaligus rekam absensi yang mencegah terjadinya kecurangan dengan adanya validasi biometrik. Serta kebutuhan untuk penelusuran waktu dan kehadiran secara realtime dari data rekam absesni yang juga realtime.

Penerapan SmartPresence

Dalam penerapannya perusahaan menginstal ke semua perangkat yang dibawa oleh masing-masing pegawai. Total perangkat yang dinstal dan terkoneksi dengan sistem adalah sebanya 63 perangkat. Untuk pengaturan rekam presensi yang digunakan adalah dengan batas kemiripan pengenalan pola wajah sebesar 50%, sedangkan batas rekam dengan konfirmasi persetujuan adalah dari rentang 40% – <50%. Untuk ijin melakukan presensi berdasarkan lokasi diatur sebanyak 97 titik lokasi dengan rentang diameter valid sejauh 900 meter. Setting ini masih dalam uji coba dan akan diperketat setelah penggunaan sistem oleh setiap karyawan menjadi terbiasa. Model rekam adalah dengan cara standar yaitu, pilih masuk atau keluar, inputkan PIN, validasi pengenalan pola wajah.

Untuk penelusuran waktu kehadiran, supervisi dilakukan oleh tiga orang, 2 dengan hak akses admin dan 1 view. Penelusuran melalui app dashboard mobile dan dasbor web. Menekankan penelusuran data kehadiran berdasarkan lokasi posisi rekam presensi. Untuk itu banyak menggunakan fitur tampilan birdview data peta posisi rekam absensi. 

Dari segi laporan digunakan untuk kebutuhan payroll dan pengawasan kehadiran karyawan ditempat klien perusahaan. Penting untuk mengetahui bahwa karyawa telah berada pada lokasi klien pada jadwal yang telah ditentukan. Tidak terdapat toleransi keterlambatan waktu presensi. Laporan yang digunakan adalah ekspor Rekapitulasi dan Laporan per Tanggal serta Laporan Kehadiran berdasar atribut dan rentang waktu. Jumlah atribut pengelompokkan karyawan terdiri dari 2 atribut utama dan 24 sub atribut. Diantara atribut tersebut juga merupakan kelompok wilayah layanan yaitu Banyuwangi dan Lombok.