PT. KP Usahatama! Menggunakan SmartPresence

Dengan sistem kehadiran SmartPresence, kini PT. KP Usahatama sebuah perusahaan tenaga kerja outsource 
bisa cek kehadiran realtime dan memberikan informasi kehadiran kepada para karyawan.

Data Sekolah

Link Website

 

Akomodasi SmartPresence

DataCapture Siswa : 52 set
Data Karyawan Terdaftar di SP (2/2018) : 803 orang 

 

PT. Karya Prima Usahatama

PT. Karya Prima Usahatama atau KPUsahatama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang tenaga kerja. Yang berlokasi di Komplek Perkantoran PT PGN (Persero) Tbk. Gedung C. Lantai 1 Jl. KH. Zainul Arifin No. 20 Jakarta Barat. Adalah badan usaha milik Yayasan Kesejahteraan Pegawai dan Pensiunan Gas Negara (YKPP Gas Negara) dan PT Ketapang Wisata. YKPP Gas Negara merupakan pemegang saham mayoritas KPUsahatama.

Penggunaan SmartPresence Untuk

Dengan klien yang dilayani tersebar di beberapa tempat dengan jumlah karyawan yang cukup besar. Dibutuhkan sistem absensi yang mendukung kompatibilitas mobile. Dengan tipe jam kerja yang bervariasi dari purna waktu dan paruh waktu. Perusahaan membutuhkan kepastian karyawan yang bersangkutan melakukan rekam presensi benar adanya dilokasi yang dimaksudkan.

Penerapan SmartPresence

Dari kebutuhan rekam absensi perusahaan ini menggunakan 61 perekam absensi yang ditempatkan secara KiosK di klien dengan karyawan yang cukup banyak dan perekam absensi individu mobile untuk karyawan perseorangan disuatu tempat klien. Untuk mencegah terjadinya kecurangan absensi secara mobile ditetapkan lokasi presensi khusus yang diterapkan pada setiap karyawan. Master Data lokasi yang dimiliki sebanyak 9 tempat, dengan radius 100 meter. Untuk validasi rekam absensi menggunakan PIN, pengenalan pola wajah ditambah deteksi ekspresi untuk mencegah kecurangan rekam menggunakan foto.

Untuk penelusuran waktu kehadiran memanfaatkan analisa riwayat(log absensi) kehadiran dan rekapitulasi kehadiran (lembar waktu kehadiran). Untuk penelusuran posisi rekam menggunakan view Peta titik GPS posisi rekam. Penelusuran validasi pola wajah dalam notifikasi terhadap pola pengenalan wajah dari rentang 60% s/d <70% akan memunculkan notifikasi sample wajah tidak cocok, namun data rekam tetap diterima sistem dan menunggu persetujuan admin. Bagitu juga terhadap penelusuran keraguan posisi absensi.

Untuk laporan dan persiapan data payroll karyawan menggunakan fasilitas laporan per pegawai yang merupakan rekapitulasi per tanggal lembar waktu karyawan. Untuk analisa wawasan kehadiran tambahan penggunakan laporan per tanggal. Mengkombinasikan kedua jenis laporan itu sementara digunakan sebagai patokan laporan analisa kehadiran dan data payroll.