FAQ:Pengenalan Wajah

Apa artinya Pengenalan Wajah?
Pengenalan wajah adalah fitur pada SmartPresence DataCapture aplikasi mobile. Maksud fitur pengenalan wajah adalah mengenal wajah yang sedang terekam adalah wajah yang sesuai pola perekaman pendaftaran wajah untuk masing-masing orang. Fitur ini dimaksudkan untuk tidak terjadi kecurangan ketika melakukan absensi. Biometrik sampai saat ini terdapat tiga jenis yaitu sidik jari, pola wajah dan retina mata.
SmartPresence menggunakan teknologi built-in dalam aplikasinya untuk pengenalan biometrik pola wajah. Wajah dicocokkan antara sampel pola terekam yang telah tersimpan pada database dengan wajah orang melakukan absensi yang diambil melalui kamera depan perangkat telepon/tablet pintar. Kemudian secara realtime atau langsung dicocokkan dengan pola.

Syarat pengenalan wajah apa saja?
Pertama yang harus ada adalah sample wajah setiap orang dalam keadaan sampel yang bersih, tidak blur, cahaya tidak berlebih atau kurang, cahaya harus seimbang kanan dan kiri. Apabila orang bersangkutan menggunakan kacamata sebaiknya melakukan sampel tanpa kacamata dan dengan kacamata.
Sampel Wajah dapat lebih dari satu. Sampel wajah pertama sangat memiliki peranan penting untuk pengambilan sampel wajah selanjutnya.

Bagaimana bila sampel wajah selanjutnya dengan wajah orang lain?
SmartPresence dilengkapi fitur pembanding sampel baru dengan rata-rata sampel yang ada. persentase kecocokan antar sampel wajah secara default dibawah 70 persen akan ditolak.

Bagaimana bila sample palsu wajah orang lain tetap bisa masuk sampel seseorang?
SmartPresence dengan pengenalan biometrik wajah menyimpan 2 file ketika menyimpan pola. Pola wajah tidak hanya disimpan dalam bentuk data matrik namun juga foto. Sehingga sampel masih dapat dianalisa lebih lanjut. Apabila terdapat sampel yang tidak sesuai maka sampel tersebut dapat dieliminasi.

Area mana saja yang dikenali untuk proses pengenalan wajah?
SmartPresence pengenalan wajah mengenali pola berdasarkan detail lekuk dahi diatas mata, bentuk pola mata dan titik tengah mata, pola hidung, pola pipi, pola bibir dan pola dagu.

Apakah fitur ini dapat dimodifikasi?
SmartPresence menyediakan antar muka pengaturan dasar sistem pengenalan wajah. Yang terdiri dari pertama persentase batas kemiripan wajah, yang artinya apabila dibawah persentase tersebut maka rekam data dinyatakan ditolak atau diterima dengan peringatan.
Yang kedua adalah konfirmasi batas kemiripan wajah yang artinya batas bawah rekam absensi diterima namun dengan peringatan pada sistem dan batas atasnya adalah persentase batas kemiripan wajah.
Yang ketiga adalah batas kemiripan wajah waktu pendaftaran yang artinya persentase batas bawah rata-rata sampel dengan sampel baru yang sedang dilakukan. Apabila dibawah persentase tersebut sampel pola wajah baru akan ditolak.

Bagaimana cara mengetahui persentase kemiripan wajah ketika melakukan rekam absensi?
Pada saat melakukan proses absensi pada bagian pengenalan wajah pada antar muka aplikasi mobile DataCapture ditampilkan teks yang berisikan kemiripan sekian persen. Dan ini langsung terjadi secara realtime. Sampel dicocokan langsung dengan pola pendaftaran yang telah tersimpan.

Leave a Reply

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.