FAQ:Deteksi Ekspresi

Apa itu Deteksi Ekspresi?
Deteksi Ekspresi adalah fitur dari SmartPresence ketika proses validasi kemiripan pola wajah orang melakukan rekam absensi. Maksud adanya deteksi ekspresi adalah untuk mencegah adanya kecurangan absensi menggunakan foto wajah yang disimpan dalam bentuk file atau foto wajah yang dicetak untuk mengelabui sistem ketika validasi. Fitur ini terdapat pada apliasi mobile DataCapture. Dan dapat digunakan apabila diset untuk aktif.

Proses ini muncul pada bagian kedua setelah proses pengenalan wajah. Misalkan batas kemiripan wajah di set pada nilai 90 persen. Anggaplah proses validasi telah mencapai nilai 90 persen keatas maka proses deteksi ekspresi muncul dalam visual antarmuka meminta orang untuk merubah mimik wajahnya menjadi misalnya, untuk tersenyum, tersenyum lebih lebar, menutup mata, mengedipkan mata, jangan tersenyum.

Bagaimana bila disiapkan foto dengan variasi wajah yang diminta?
Deteksi ekspresi terhadap perubahan mimik melakukan pengenalan secara realtime, perubahan rekam dari kamera sesaat menjadi gambar berbeda dari pola wajah akan langsung menyatakan rekam tidak valid. Selain itu perubahan mimik adalah dikenali secara gerak dari pola pengenalan wajah yang telah dikunci.

Leave a Reply

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.