Smart Presence Rest API

REST adalah salah satu jenis web service yang menerapkan konsep perpindahan antar state. State disini dapat digambarkan seperti jika browser meminta suatu halaman web, maka server akan mengirimkan state halaman web yang sekarang ke browser. Bernavigasi melalui link-link yang disediakan sama halnya dengan mengganti state dari halaman web. Begitu pula REST bekerja, dengan bernavigasi melalui link-link HTTP untuk melakukan aktivitas tertentu, seakan-akan terjadi perpindahan state satu sama lain. Perintah HTTP yang bisa digunakan adalah fungsi GET, POST, PUT atau DELETE. Balasan yang dikirimkan adalah dalam bentuk XML sederhana tanpa ada protokol pemaketan data, sehingga informasi yang diterima lebih mudah dibaca dan diparsing disisi client.

REST kerap dipergunakan dalam mobile application, situs web jejaring sosial, mashup tools, dan automated business processes. Arsitektur REST yang decoupled (terpisah) serta beban komunikasi yang ringan antara produsen dan konsumen membuatnya populer di dunia cloud-based API, seperti yang disajikan oleh Amazon, Microsoft, dan Google. Layanan berbasis web yang menggunakan arsitektur REST semacam itu dinamakan RESTful APIs (Application Programming Interfaces) atau REST APIs.

Dengan kemampuan REST API yang dapat diakses melalui web dan mobile, Smart Presence menggunakan teknologi tersebut sehingga anda dapat melakukan query meta-data seperti detail data karyawan, log presensi, summary presensi karyawan, laporan atribut atau group karyawan, jadwal dan jam kerja, serta sinkronisasi data dan lain sebagainya daengan SmartPreseceĀ  REST API. Dengan kemudahan ini diharapkan Smart Presence dapat anda gunakan sebaik-baiknya dan dapat menghasilkan informasi yang anda butuhkan.

Leave a Reply

Aplikasi Absensi Online Praktis
Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.