Optimalisasi Database & Filter

Posting Data – Optimalisasi Database & Filter

Bangun dari mimpi buruk

Apakah anda tahu fitur posting data pada layanan SmartPresence? Tentunya bila anda bertugas sebagai admin akun perusahaan pengguna layanan pasti paham, kalau tidak bertugas sebagai admin anda mungkin tidak tahu, apalagi anda sama sekali belum pernah mencoba layanan kami.

Manual posting data fitur adalah untuk mengeksekusi secara manual data kehadiran berupa waktu presensi masuk dan keluar membandingkannya dengan jadwal dan jam kerja setiap orang untuk menghasilkan data seperti jumlah hari kerja, jam terlambat, datang lebih awal, tidak masuk dan sebagainya.

Jadi bila terjadi suatu hal misalnya tracing perhitungan cuti otomatis dalam 3 bulan untuk semua pegawai dihitung ulang dengan fitur posting data maka data terproses adalah 45.000 data plus dengan pembanding jumlah kelompok jam kerja.

Perhitungan ini didapatkan melalui proses data log kehadiran setiap orang. Ketika layanan ini dibuat perhitungan jumlah orang dalam setiap akun perusahaan/organisasi adalah 5 – 300. Jadi secara maksimal log perhari adalah 600 dan dalam sebulan adalah 15.000 dalam 3 bulan adalah 45.000 log. Jadi bila terjadi suatu hal misalnya tracing perhitungan cuti otomatis dalam 3 bulan untuk semua pegawai dihitung ulang dengan fitur posting data maka data terproses adalah 45.000 data plus dengan pembanding jumlah kelompok jam kerja.

Namun ini sedikit menjadi mimpi buruk ketika dalam satu organisasi memiliki 3000 pegawai. Yang artinya 6000 log setiap hari dan 150.000 log sebulan ini artinya 450 ribu data log dalam 3 bulan. Posting data total untuk 1 bulan membutuhkan waktu 4-6 jam, benar-benar mimpi buruk.

Kami telah melakukan optimalisasi database dan alur data serta menambahkan filter atribut/grup yang sebelumnya hanya memiliki filter rentang waktu. Optimalisasi database dan alur kerja memangkas waktu untuk proses posting untuk 3000 karyawan dari 15 menit per hari menjadi 16 detik perhari hitung posting. Ditambah dengan filter data sehingga tidak perlu menghitung ulang semua data.

Leave a Reply

Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dan Praktis Optimalkan Produktivitas Kerja.